kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45915,63   -7,86   -0.85%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gejala Omicron Mungkin Lebih Ringan, Tetapi Bisa Membuat Rumah Sakit Banjir Pasien


Senin, 20 Desember 2021 / 05:23 WIB
Gejala Omicron Mungkin Lebih Ringan, Tetapi Bisa Membuat Rumah Sakit Banjir Pasien
ILUSTRASI. Warga dunia ini tengah mewaspadai penyebaran virus Covid-19 varian Omicron. REUTERS/Carlo Allegri


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Warga dunia ini tengah mewaspadai penyebaran virus Covid-19 varian Omicron. Pada pekan lalu, kasus Omicron melonjak di sejumlah wilayah seperti New York City yang melaporkan 21.000 kasus baru. Kondisi itu menyebabkan gangguan dan penutupan di sekolah, acara olahraga, dan acara televisi Saturday Night Live.

Melansir Quartz, ada tanda-tanda positif dari Afrika Selatan tempat virus Omicron pertama kali diidentifikasi. Omicron tampaknya menjadi galur yang lebih ringan daripada varian Delta, yang saat ini merupakan galur dominan di seluruh dunia. 

Menurut otoritas kesehatan masyarakat Afrika Selatan, kasus Covid-19 telah meningkat dengan cepat tetapi kini berangsur mulai menurun. Sejauh ini ada lebih sedikit rawat inap, pasien ICU, dan ventilator yang digunakan di negara ini dibandingkan dengan Delta. 

Meskipun masih terlalu dini untuk mengetahui apakah virus itu sendiri kurang berbahaya, atau apakah demografi pandemi telah berubah, ini adalah pertanda baik dan menjadi harapan di tengah kebangkitan virus.

Baca Juga: Kasus Omicron di Indonesia Bertambah, Ini Ciri Masker yang Baik

Akan tetapi, hal itu mungkin tidak cukup untuk menghindari beberapa hari terburuk pandemi, terutama bagi mereka yang tidak divaksinasi, yang tidak memiliki perlindungan terhadap efek paling mematikan dari virus. Kondisi ini juga bisa menyebabkan rumah sakit kebanjiran gelombang pasien baru. 

Hasil sejumlah penelitian menunjukkan, strain Omicron tampaknya jauh lebih menular, bahkan untuk mereka yang divaksinasi, berkat mutasi yang memungkinkannya lolos dari beberapa perlindungan yang diberikan oleh vaksin.

Baca Juga: Kasus Pertama Omicron di Indonesia Diduga dari WNI yang Datang dari Nigeria




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×