kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45905,12   1,79   0.20%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hadapi Varian Baru Omicron Eris, Vaksin Covid-19 Terbaru Rilis Bulan Depan


Selasa, 15 Agustus 2023 / 12:12 WIB
Hadapi Varian Baru Omicron Eris, Vaksin Covid-19 Terbaru Rilis Bulan Depan
ILUSTRASI. Vaksin Covid-19 Terbaru Rilis Bulan Depan, Hadapi Varian Baru Omicron "Eris". ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto/tom.


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin Covid-19 terbaru akan dirilis bulan depan.

Para ahli kesehatan mengatakan bahwa vaksin ini kemungkinan besar akan diterima dengan baik meskipun jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit akibat "Eris", varian dari virus corona jenis Omicron, meningkat di AS.

Beberapa ahli kesehatan masyarakat berharap orang Amerika akan menyambut baik suntikan baru ini seperti halnya mereka menerima suntikan sebelumnya.

Tetapi permintaan untuk vaksin telah menurun tajam sejak 2021 ketika pertama kali tersedia dan lebih dari 240 juta orang di AS, atau 73 persen dari populasi, menerima setidaknya satu kali suntikan.

Baca Juga: WHO Pantau Virus Corona Tipe EG.5 yang beredar di Amerika Serikat dan China

Dilansir dari Reuters, pada musim gugur tahun 2022, di mana sebagian besar orang telah terjangkit virus Covid-19 atau telah menerima vaksin, kurang dari 50 juta orang yang menerima vaksinasi.

Penyedia layanan kesehatan dan apotek seperti CVS Health akan mulai bulan depan menawarkan vaksin ini, yang diperbarui untuk melawan virus versi Omicron yang dominan sejak tahun lalu.

Mereka akan berjuang melawan menurunnya kekhawatiran tentang virus, serta kelelahan dan skeptisisme tentang manfaat vaksin ini, kata Direktur Metodologi Survei Kaiser Family Foundation Ashley Kirzinger.

"Pejabat kesehatan masyarakat, jika mereka ingin melihat mayoritas orang dewasa mendapatkan vaksin tahunan ini, mereka harus menjelaskan kepada masyarakat Amerika bahwa Covid-19 belum berakhir dan masih menimbulkan risiko bagi mereka," kata Kirzinger.

Alasan utama yang diberikan oleh orang-orang yang divaksinasi dalam survei KFF awal tahun ini untuk menghindari vaksinasi tahunan adalah karena mereka percaya bahwa mereka memiliki perlindungan dari virus karena vaksinasi atau infeksi sebelumnya, katanya.

Pembuat vaksin Covid-19 telah mengurangi ekspektasi untuk kampanye vaksinasi musim gugur ini, dengan Pfizer, pembuat suntikan mRNA terbesar dengan BioNTech, baru-baru ini memperingatkan bahwa mereka mungkin perlu memangkas pekerjaan jika tidak berjalan dengan baik.

Saingan terbesarnya, Moderna, mengakui bahwa permintaan bisa jadi hanya 50 juta suntikan.

Baca Juga: Simak Jadwal Kegiatan Operasional BI Setelah Pandemi Covid-19

Tahun lalu, penjualan vaksin Pfizer dan Moderna mencapai 56 miliar dollar AS di seluruh dunia.

Para analis memproyeksikan sekitar 20 miliar dollar AS untuk tahun ini.

Keadaan darurat kesehatan masyarakat Covid-19 berakhir pada bulan Mei dan pemerintah telah menyerahkan sebagian besar tugas vaksinasi di Amerika kepada sektor swasta.

Lebih dari 1,1 juta orang di Amerika Serikat telah meninggal akibat Covid-19, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Vaksin Covid-19 Terbaru Rilis Bulan Depan, Hadapi Varian Baru Omicron "Eris""




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×