kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Minyak Mentah Ditutup Melonjak 4% ke Level Tertinggi dalam 5 Minggu


Sabtu, 08 Oktober 2022 / 06:28 WIB
Harga Minyak Mentah Ditutup Melonjak 4% ke Level Tertinggi dalam 5 Minggu
ILUSTRASI. Harga minyak kembali memanas dengan WTI terbang ke atas US$ 90 per barel lagi


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Harga minyak mentah melonjak sekitar 4% ke level tertinggi dalam lima minggu setelah OPEC+ melakukan pengurangan pasokan terbesar sejak tahun 2020, meskipun ada kekhawatiran tentang kemungkinan resesi dan kenaikan suku bunga.

Jumat (7/10), harga minyak mentah jenis Brent untuk kontrak pengiriman Desember 2022 ditutup naik US$ 3,50 atau 3,7% ke US$ 97,92 per barel.

Sejalan, harga minyak mentah jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman November 2022 ditutup menguat US$ 4,19 atau 4,7% menjadi US$ 92,64 per barel.

Harga minyak menguat untuk hari kelima berturut-turut bahkan ketika dolar menguat setelah data menunjukkan ekonomi Amerika Serikat (AS) menciptakan lapangan kerja dengan kecepatan yang kuat dan memberi Federal Reserve (The Fed) alasan untuk melanjutkan kenaikan suku bunga yang besar.

The greenback yang kuat dapat menekan permintaan minyak, dan membuat minyak mentah yang diperdagangkan dengan dolar AS lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Baca Juga: Harga Minyak Mentah Tergelincir Penguatan Dolar AS

Pada perdagangan kali ini, harga ditutup di level tertinggi untuk Brent sejak 30 Agustus dan WTI sejak 29 Agustus. Lonjakan harga mendorong kedua benchmark ke wilayah overbought secara teknis untuk pertama kalinya sejak Agustus bagi Brent dan Juni untuk WTI.

Kedua kontrak acuan itu membukukan kenaikan mingguan kedua berturut-turut, dan persentase kenaikan mingguan terbesar sejak Maret untuk minggu ini, dengan Brent naik sekitar 11% dan WTI melonjak 17%.

Minyak pemanas AS berjangka melonjak 19% pada minggu ini ke penutupan tertinggi sejak Juni, meningkatkan retakan minyak pemanas, ukuran margin keuntungan penyulingan, ke rekor penutupan tertinggi, menurut data Refinitiv sejak Desember 2009 .

Sentimen utama bagi minyak datang setelah OPEC+ sepakat di minggu ini untuk menurunkan target produksi sebesar 2 juta barel per hari.

"Di antara konsekuensi utama dari pemotongan terbaru OPEC adalah kemungkinan kembalinya minyak US$ 100," kata Stephen Brennock dari pialang minyak PVM.

UBS Global Wealth Management juga memproyeksikan Brent akan "bergerak di atas angka US$ 100 per barel selama kuartal mendatang."

Pemangkasan produksi OPEC+ datang jelang embargo Uni Eropa pada minyak Rusia dan akan menekan pasokan di pasar yang sudah ketat.

Sekretaris Jenderal OPEC Haitham al-Ghais mengatakan, penurunan target produksi akan membuat OPEC+ memiliki lebih banyak pasokan untuk dimanfaatkan jika terjadi krisis.

Baca Juga: Turun, ICP September 2022 Capai US$ 86,07 Per Barel

Pada hari Kamis, Presiden AS Joe Biden menyatakan kekecewaannya atas rencana OPEC+. Dia dan pejabat AS mengatakan Washington sedang mencari semua alternatif yang mungkin untuk menjaga harga agar tidak naik.

Namun, jumlah rig minyak AS, indikator awal produksi masa depan, turun dua minggu ini menjadi 602, menurut perusahaan jasa energi Baker Hughes Co, karena inflasi yang tinggi memaksa produsen menghabiskan lebih banyak uang untuk mengamankan pekerja dan peralatan.

"Harga minyak berjangka berhasil mendapatkan traksi naik meskipun inflasi yang meluas di AS dan Eropa mengancam potensi resesi global di mana permintaan kemungkinan akan mendapat pukulan yang cukup besar," kata analis di perusahaan konsultan energi Gelber & Associates.

Di Eropa, perpecahan antara para pemimpin Uni Eropa mengenai pembatasan harga gas dan paket penyelamatan nasional muncul kembali, dengan Polandia menuduh Jerman "egois" dalam menanggapi krisis energi musim dingin yang disebabkan oleh perang Rusia di Ukraina.




TERBARU

[X]
×