kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,31   6,47   0.72%
  • EMAS1.383.000 0,36%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Harga Minyak Naik Tipis Usai Stok Minyak Mentah AS Berkurang dalam Jumlah Besar


Rabu, 03 Juli 2024 / 08:16 WIB
Harga Minyak Naik Tipis Usai Stok Minyak Mentah AS Berkurang dalam Jumlah Besar
ILUSTRASI. harga Brent dan WTI sama-sama naik tipis


Sumber: Reuters | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Harga minyak naik tipis di awal perdagangan Asia pada hari Rabu setelah data industri menunjukkan penurunan stok minyak mentah AS yang lebih besar dari perkiraan. Hal ini meningkatkan harapan permintaan bahan bakar padat selama musim berkendara di musim panas di negara konsumen minyak terbesar. 

Rabu (3/7) pukul 08.00 WIB, harga minyak mentah berjangka jenis Brent untuk kontrak pengiriman September 2024 naik 16 sen atau 0,2% menjadi US$ 85,60 per barel. 

Sejalan, harga minyak mentah berjangka jenis West Texas Intermediate (WTI) untuk kontrak pengiriman Agustus 2024 menguat 14 sen atau 0,2% ke US$ 82,95 per barel.

Kedua benchmark tersebut ditutup melemah pada sesi sebelumnya karena memudarnya kekhawatiran bahwa Badai Beryl akan mengganggu produksi di Teluk Meksiko.

Persediaan minyak mentah AS turun 9,163 juta barel dalam pekan yang berakhir 28 Juni, menurut sumber pasar yang mengutip angka American Petroleum Institute pada hari Selasa. 

Namun, persediaan bensin naik 2,468 juta barel, dan persediaan sulingan turun 740.000 barel.

Baca Juga: Harga Minyak Ditutup Melemah di Tengah Kekhawatiran Dampak Badai Beryl yang Memudar

Analis dalam jajak pendapat Reuters memperkirakan, penurunan persediaan minyak mentah sebesar 700.000 barel, penurunan stok bensin sebesar 1,3 juta barel, dan penurunan stok sulingan sebesar 1,2 juta barel.

“Harga minyak didukung oleh penurunan persediaan minyak mentah AS, namun kenaikannya terbatas karena beberapa investor masih mencari keuntungan dari reli baru-baru ini untuk mencapai level tertinggi sejak April,” kata Mitsuru Muraishi, analis di Fujitomi Securities.

Energy Information Administration (EIA), badan statistik Departemen Energi AS, akan merilis data mingguannya pada hari Rabu pukul 14.30 GMT (14.30 WIB).

Permintaan bensin di AS diperkirakan akan meningkat seiring dengan dimulainya musim perjalanan musim panas bersamaan dengan libur Hari Kemerdekaan minggu ini. 

American Automobile Association memperkirakan bahwa perjalanan selama periode liburan akan meningkat 5,2% dibandingkan tahun 2023, dengan perjalanan mobil naik 4,8%.

Di sisi pasokan, produksi minyak OPEC naik pada bulan Juni untuk bulan kedua berturut-turut, sebuah survei Reuters menemukan pada hari Selasa, karena pasokan yang lebih tinggi dari Nigeria dan Iran mengimbangi dampak pengurangan pasokan sukarela oleh negara-negara lain. anggota dan aliansi OPEC+ yang lebih luas.

Badai Beryl, yang melanda Laut Karibia, diperkirakan telah melemah menjadi badai tropis saat memasuki Teluk Meksiko akhir pekan ini, menurut Pusat Badai Nasional AS.




TERBARU

[X]
×