kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Harga Pangan Naik ke Level Tertinggi Sejak 2008, Ekonomi Inggris Terancam Resesi


Rabu, 29 Juni 2022 / 12:50 WIB
Harga Pangan Naik ke Level Tertinggi Sejak 2008, Ekonomi Inggris Terancam Resesi
ILUSTRASI. Harga Pangan Naik ke Level Tertinggi Sejak 2008, Ekonomi Inggris Terancam Resesi


Sumber: Bloomberg | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - LONDON. Jutaan orang di Inggris sedang merasakan kesulitan menyusul lonjakan harga bahan makanan pokok yang terjadi dengan cepat. Kenaikannya bahkan jadi yang terparah dalam hampir 14 tahun.

Mengutip Bloomberg, Konsorsium Ritel Inggris (BRS) mengatakan toko-toko akhirnya terpaksa menanggung beban dari melonjaknya biaya bahan mentah. Kondisi ini menyebabkan kenaikan harga terbesar sejak September 2008.

"Para peritel berusaha menemukan lebih banyak cara untuk melindungi pelanggan mereka dari dampak terburuk inflasi, tapi jika biaya terus naik, sepertinya pemerintah perlu menemukan cara untuk membantu bisnis ritel mendukung pelanggan mereka," ungkap kepala eksekutif BRC, Helen Dickinson.

Disebutkan bahwa kenaikan harga bahan makanan segar telah mendorong lonjakan dengan kenaikan mencapai 6% tahun ini hingga bulan Juni.

Baca Juga: Presiden Jokowi Minta G7 dan G20 Kompak Atasi Krisis Pangan Global

Dalam riset terpisah, Joseph Rowntree Foundation menemukan bahwa jutaan rumah tangga berpenghasilan rendah hidup tanpa kebutuhan pokok, sulit membayar tagihan, hingga terlilit utang.

Dua laporan berbeda dengan nuansa yang sama itu tentu akan memberikan tekanan yang semakin berat pada pemerintah Perdana Menteri Boris Johnson. Inggris bahkan disebut sedang merasakan krisis biaya hidup terburuk dalam satu generasi.

Jika terus berlanjut, tekanan itu akan mampu mendorong ekonomi Inggris ke dalam resesi. Pukulan lebih berat akan diterima Inggris pada bulan Oktober nanti ketika biaya energi akan melonjak lagi.

Data BRC menunjukkan bahwa inflasi harga toko secara keseluruhan meningkat menjadi 3,1% di bulan Juni, didorong oleh kenaikan 5.6% pada harga makanan. Ini merupakan angka tertinggi sejak 2011.

Baca Juga: Sekjen PBB Ingatkan Bahaya Akibat Kekurangan Pasokan Pangan Global




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×