kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hubungan memanas, Beijing peringatkan Australia jangan korbankan investor asal China


Kamis, 11 Juni 2020 / 21:51 WIB
Hubungan memanas, Beijing peringatkan Australia jangan korbankan investor asal China
ILUSTRASI. Juru bicara Kementerian Perdagangan China Gao Feng. Hubungan kian panas, Beijing peringatkan Australia tak korbankan investor asal China. REUTERS/Thomas Peter


Sumber: South China Morning Post | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kementerian Perdagangan China telah memperingatkan Australia bahwa kebijakan investasi asing yang baru harus adil dan tidak diskriminatif untuk semua negara.

Peringatan ini muncul di tengah spekulasi bahwa kebijakan tersebut bertujuan membatasi investasi dari China.

Baca Juga: China tawarkan uji vaksin corona ke karyawan BUMN yang ke luar negeri, ini alasannya

Dilansir dari South China Morning Post, pernyataan tersebut terlontar setelah pemerintah Australia mengumumkan bahwa mereka akan membuat perubahan besar-besaran terhadap undang-undang akuisisi asing untuk pertama kalinya sejak diperkenalkan 45 tahun yang lalu.

Sebelumnya media Australia beberapa waktu melaporkan bahwa rencana perubahan aturan tersebut menargetkan investor China.

“Kami berharap pemerintah Australia akan mematuhi kebijakan investasi yang terbuka dan pragmatis, memperkuat komunikasi dengan investor asing, menjaga transparansi, menciptakan lingkungan investasi yang adil dan non-diskriminatif bagi investor asing, dan mengamati hak-hak hukum semua investasi asing, termasuk yang dari perusahaan China, ” kata juru bicara Kementerian Perdagangan Gao Feng.

"Perusahaan-perusahaan China yang berinvestasi di Australia telah memberikan kontribusi yang luar biasa bagi ekonomi dan masyarakat Australia," kata Gao.

Ia pun menambahkan bahwa perusahaan-perusahaan China harus terus mencari peluang investasi di Australia, sambil mengamati aturan baru.

Baca Juga: Penasehat kabinet Tiongkok: China dan AS saling terkait, sulit untuk dipisahkan

Perubahan aturan di Australia ini menghilangkan ambang batas untuk peninjauan, yang berarti setiap pembelian asing akan diperiksa oleh Badan Peninjau Investasi Asing (FIRB). 




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×