kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45991,58   -19,63   -1.94%
  • EMAS957.000 -0,42%
  • RD.SAHAM -1.52%
  • RD.CAMPURAN -0.63%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.01%

Iklan Nike memicu amarah warga Jepang, ini penyebabnya


Kamis, 03 Desember 2020 / 06:13 WIB
Iklan Nike memicu amarah warga Jepang, ini penyebabnya
ILUSTRASI. Iklan Nike memicu amarah warga Jepang, ini penyebabnya/File Photo GLOBAL BUSINESS WEEK AHEAD PACKAGE - SEARCH BUSINESS WEEK AHEAD 19 DEC FOR ALL IMAGES


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Tokyo. Produsen apparel olahraga, Nike mendapat kecaman dari warga Jepang. Penyebabnya adalah iklan Nike yang menyoroti diskriminasi rasial di negara tersebut.

Melansir BBC, video tersebut menunjukkan pengalaman hidup nyata tiga pemain sepak bola muda dari berbagai warisan budaya. Ikan ini sudah ditonton 25 juta kali tampilan di media sosial dan dibagikan sebanyak 80.000 kali.

Tetapi Iklan itu memicu perdebatan sengit. Masalahnya, Jepang tidak terbiasa membahas masalah sensitif secara terbuka seperti ras. Beberapa mempertanyakan apakah merek asing seharusnya ikut campur.

Nike Jepang mengatakan iklan tersebut menyoroti bagaimana orang mengatasi perjuangan sehari-hari dan konflik untuk menggerakkan masa depan mereka melalui olahraga. Tetapi beberapa komentar di media sosial mengatakan Nike membesar-besarkan skala diskriminasi.

Mereka beralasan tidak adil untuk memilih Jepang. Pengguna lain mengancam akan memboikot produk Nike. Satu komentar mengatakan: "Seolah-olah mereka mencoba mengatakan jenis diskriminasi ini ada di mana-mana di Jepang."

Namun, ada juga komentar positif tentang iklan bertajuk "The Future Isn't Waiting" yang mengangkat isu rasisme.

Baca juga: Promo khusus Dufan Desember hanya Rp 50.000 untuk semua pengunjung


Tag


TERBARU
Sukses Berkomunikasi dengan Berbagai Gaya Kepribadian Managing Procurement Economies of Scale Batch 7

[X]
×