kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Anjing Pelacak Ranjau yang Dapat Penghargaan Khusus dari Presiden Ukraina


Senin, 09 Mei 2022 / 13:30 WIB
Ini Anjing Pelacak Ranjau yang Dapat Penghargaan Khusus dari Presiden Ukraina


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KYIV. Seekor anjing pelacak ranjau bernama Patron menerima medali penghargaan khusus dari Presiden Ukraina Vlodomyr Zelenskyy pada Minggu (8/5). Patron dan pemiliknya dianggap telah mengabdi kepada negara di tengah invasi Rusia.

Dilansir dari Reuters, anjing berjenis terrier Jack Russell ini disebut telah mendeteksi lebih dari 200 bahan peledak dan mencegahnya meledak. Patron kini dianggap sebagai simbol anjing patriotisme Ukraina.

Pemberian medali penghargaan dilakukan di sela-sela konferensi pers antara Zelenskyy dengan Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau yang sedang berkunjung ke Kyiv.

Baca Juga: PM Kanada Trudeau: Dunia Akan Memastikan Putin Kalah dalam Perang

"Hari ini, saya ingin memberikan penghargaan kepada para pahlawan Ukraina yang telah membersihkan ranjau darat kita. Dan bersama dengan para pahlawan kita, ada pencari ranjau kecil yang luar biasa, Patron," kata Zelenskyy dalam upacara penghargaan.

Lebih lanjut, Zelenskyy juga menyebut Patron telah menjadi contoh bagi anak-anak terkait aturan keselamatan yang diperlukan di area di mana ada ancaman ranjau.

Pemilik Patron, Mayor Myhailo Iliev dari Layanan Perlindungan Sipil, juga menerima penghargaan serupa.

Baca Juga: Pasukan Ukraina di Kharkiv Mulai Membersihkan Ranjau Darat Milik Rusia

Pasukan Rusia diketahui telah menggunakan ranjau darat selama invasinya di Ukraina berlangsung sejak Februari lalu. Pasukan Ukraina telah memulai operasi penyapuan ranjau di beberapa kota, terutama Kharkiv, sejak April lalu.

Reuters melaporkan, ranjau yang ditemukan berjenis ranjau plastik PTM-1M. Model ini diledakkan menggunakan pengatur waktu dan digunakan secara luas oleh pasukan Soviet di Afghanistan.

Letnan Kolonel Nikolay Ovcharuk, kepala unit ranjau dari layanan darurat negara, menyampaikan, ranjau darat jenis itu telah dilarang penggunaannya berdasarkan perjanjian Ottawa tentang ranjau anti-personil karena risiko korban sipil.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×