kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inilah alasan Warren Buffett tidak menyukai saham sektor teknologi


Rabu, 21 Agustus 2019 / 08:50 WIB
Inilah alasan Warren Buffett tidak menyukai saham sektor teknologi


Reporter: Tri Adi | Editor: Tri Adi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Warren Buffett terkenal sangat menghindari saham teknologi. Namun, dia memiliki alasan yang kuat untuk itu. Tapi, benarkah begitu?

Warren Buffett sering mengatakan dia menghindari investasi di sektor teknologi karena dia tidak mau memiliki saham dari  perusahaan yang bisnisnya tidak dia mengerti. Bahkan, selama booming dotcom, Buffett menghindari membeli saham di perusahaan internet.

Penghindaran Buffett terhadap sektor teknologi, bagi beberapa orang, itu menunjukkan   ketidakmampuannya untuk memahami teknologi. Namun, mungkin ada alasan kuat dari perspektif investasi nilai.

Baca Juga: Wah, Warren Buffett malah iri kepada investor kecil

Selama booming dot-com, Buffett mengidentifikasi dua alasan spesifik mengapa ia menghindari investasi di sektor teknologi.

Alasan pertama, perusahaan teknologi membatasi parit ekonomi (economic moat) sebagai keunggulan kompetitif. Konsep parit adalah prinsip gaya nilai investasi Buffett, ini mengacu pada keunggulan kompetitif yang dimiliki perusahaan dalam bisnisnya yang memungkinkan menghasilkan laba jangka panjang dan terus meningkatkan pangsa pasar versus pesaing. Parit berfungsi sebagai penyangga perlindungan untuk profitabilitas yang berkelanjutan.

Alasan kedua, Buffett meyakini sulit untuk memilih pemenang di sektor teknologi sejak dini dan membangun posisi dengan harga yang wajar. Bahkan survei umum perusahaan ketika terjadi booming dotcom menunjukkan bagaimana beberapa perusahaan tampak tak terhentikan bisa berantakan begitu saja. Jadi, tampaknya ada kebenaran dalam perkataan Buffett.

Baca Juga: Inilah 5 saham yang Warren Buffett sangat sukai

Meski begitu, Buffett belum sepenuhnya menghindari perusahaan teknologi. Menurut Investopedia, pada Mei 2018, Berkshire Hathaway memiliki 165,3 juta saham di Apple, bernilai sekitar US$ 42,5 miliar. Investasi ini tampaknya menggantikan investasi 2011 perusahaan di sektor teknologi ketika membeli 64 juta saham IBM, yang kemudian dijual pada 2017 dan 2018.♦




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×