kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.308.000 -0,76%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Iran Sukses Meluncurkan 3 Satelit di Orbit Tertinggi GTO


Senin, 29 Januari 2024 / 14:54 WIB
Iran Sukses Meluncurkan 3 Satelit di Orbit Tertinggi GTO
ILUSTRASI. Republik Islam Iran berhasil mengorbitkan tiga satelit buatan dalam lintasan antariksa dengan ketinggian minimal dan maksimal 450 km dan 1.100 km di atas permukaan Bumi, mendekati mencapai Orbit Geostasioner (GEO), yang juga dikenal sebagai orbit geosinkron. PHOTO : IRNA


Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - TEHRAN - Republik Islam Iran berhasil mengorbitkan tiga satelit buatan dalam lintasan antariksa dengan ketinggian minimal dan maksimal 450 km dan 1.100 km di atas permukaan Bumi, mendekati mencapai Orbit Geostasioner (GEO), yang juga dikenal sebagai orbit geosinkron. Kemampuan ini dilakukan setelah melakukan uji coba selama bertahun-tahun.

Mengutip kantor berita IRNA, peluncuran terbaru, yang dilakukan pada hari Minggu (28/1/2024) menggunakan pembawa satelit Simorgh, mencapai orbit elips Bumi, membuatnya berbeda dari peluncuran sebelumnya yang menempatkan satelit dalam lintasan antariksa dengan ketinggian 400 hingga 750 km di atas permukaan Bumi.

Peluncuran pada hari Minggu dianggap sebagai langkah penting oleh Iran, karena menandai langkah pertama negara ini menuju Orbit Transfer Geostasioner (GTO) dan kemudian mengakses GEO yang memiliki ketinggian sekitar 36.000 km di atas permukaan Bumi.

Iran mendekati mencapai orbit antariksa geostasioner.

Baca Juga: Militer AS Klaim Hancurkan Dua Rudal Anti Kapal Houthi di Yaman

GTO adalah orbit elips yang digunakan untuk mencapai GEO. Ini memiliki fitur yang dapat digunakan untuk memindahkan satelit ke orbit lain seperti GEO dengan jumlah energi yang paling sedikit.

Setelah dilantiknya pemerintahan Presiden Ebrahim Raisi pada Agustus 2021, Dewan Agung Angkasa Iran melanjutkan pertemuan setelah sepuluh tahun. Pertemuan tersebut, yang dipimpin oleh presiden, telah menyetujui rencana untuk mencapai GEO pada tahun ke-1404 kalender Iran (dimulai pada Maret 2025).

Menteri Teknologi Informasi dan Komunikasi Iran, Issa Zarepour, mengatakan bahwa untuk pertama kalinya, Simorgh secara simultan menempatkan satelit Mahda dan dua muatan penelitian lainnya ke dalam orbit, menambahkan bahwa sinyal Mahda telah diterima.

Satelit penelitian Mahda, Keyhan-2, dan Hatef-1 ditempatkan pada ketinggian antara 450 dan 1.100 kilometer di atas permukaan Bumi pada hari Minggu.

Peluncuran tahun Lalu

Sebelumnya Iran mencatatakan pencapaian luar biasa di bidang teknologi penginderaan. Iran mencatat tonggak sejarah lain dalam usaha eksplorasi angkasanya dengan peluncuran sukses satelit penginderaan Nour 3 pada September tahun lalu.

Satelit ini, bertujuan untuk meningkatkan kemampuan negara dalam kegiatan penelitian dan manajemen, diluncurkan ke orbit pada ketinggian 450 kilometer dari Bumi.

Pengumuman ini disampaikan melalui pos media sosial oleh Menteri Telekomunikasi Iran, Issa Zarepour, yang menyampaikan berita tentang penempatan Nour 3 dengan sukses ke orbit. Peluncuran dilakukan oleh Pasukan Aerospace Garda Revolusioner Islam, dengan menggunakan kendaraan peluncuran Ghassed buatan dalam negeri.

Baca Juga: Pakistan Tidak Ingin Meningkatkan Perselisihan dengan Iran

Zarepour mengucapkan selamatnya dalam pos Farsi di Virasty, menyatakan, "Saya mengucapkan selamat atas keberhasilan ini kepada rakyat, mereka yang bekerja keras di sektor kedirgantaraan negara, dan para ahli di Pasukan Aerospace IRGC."

Peluncuran yang sukses ini merupakan bagian dari visi lebih luas Iran untuk memperluas sektor kedirgantaraannya, memanfaatkan teknologi satelit untuk berbagai aplikasi. Aplikasi tersebut termasuk manajemen lahan pertanian dan pelaksanaan kegiatan penelitian, memperlihatkan komitmen Iran terhadap kemajuan dalam eksplorasi angkasa untuk tujuan damai.

Seiring dengan terus majunya program antariksa Iran, peluncuran berhasil satelit Nour 3 memperkuat dedikasi negara ini terhadap kemajuan teknologi dan eksplorasi ilmiah di panggung internasional.




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×