kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Israel ada di ranking pertama tempat teraman dari pandemi, apa rahasianya?


Senin, 20 April 2020 / 06:50 WIB
Israel ada di ranking pertama tempat teraman dari pandemi, apa rahasianya?
ILUSTRASI. Pemakaman jenazah pasien Covid-19 di Israel. REUTERS/Ronen Zvulun


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Pada hari-hari awal krisis virus corona, Dr. Arnon Afek memulai pagi harinya dengan menuangkan literatur terbaru tentang penyakit ini. Baru-baru ini, associate director general Pusat Medis Chaim Sheba Israel tersebut telah meninggalkan rutinitas itu.

"Itu menjadi tugas yang mustahil," katanya kepada Nikkei Asian Review. "Jumlah makalah yang ditulis luar biasa. Pengetahuan bertambah dari hari ke hari."

Rumah sakit Afek, dianggap sebagai yang terbaik di Israel, menjadi ujung tombak perjuangan melawan virus. Dia yakin itu adalah pertempuran negaranya, Asia dan dunia bisa menang dengan berbagi pengetahuan itu.

Baca Juga: Ilmuwan Israel: Dalam beberapa minggu, kita akan mendapat vaksin corona

Mengutip Nikkei, sejak wabah itu meletus dari China, sejumlah negara telah menunjukkan hal-hal apa saja yang dapat membantu mencegah penyebaran itu. Singapura telah memenangkan pujian karena penelusuran yang teliti dan jarak sosial. Korea Selatan bisa dibilang menetapkan standar untuk pengujian skala besar dengan drive-thru-nya.

Tapi minggu lalu, ketika dana ventura Hong Kong merilis peringkat tempat paling aman selama pandemi, nama Israel keluar di posisi teratas.

Deep Knowledge Ventures menilai negara berdasarkan 76 parameter. Beberapa merupakan kasus konvensional -virus corona dan kematian, ukuran geografis dan demografi, kapasitas rumah sakit dan keahlian medis. Lainnya kurang jelas - "GovTech" atau sistem e-government dan kemampuan pertahanan.

Baca Juga: Virus corona teror keluarga Kerajaan Saudi, 150 bangsawan disebut positif Covid-19

Secara keseluruhan, perusahaan tersebut menganggap Israel memiliki keunggulan, setidaknya untuk saat ini.

"Negara ini relatif kecil, terorganisir dengan baik dan sistem manajemen GovTech mereka cukup efisien diterapkan secara nasional," jelas Dmitry Kaminskiy, mitra pengelola DKV, mengatakan dalam sebuah wawancara, mencatat peringkat dapat berubah dari waktu ke waktu.

Singapura berada di posisi kedua pada 1 April, diikuti oleh Hong Kong di posisi keempat dan Taiwan di posisi kelima. Jepang berada di urutan keenam, dengan Korea Selatan berada di peringkat 10 besar.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Israel dan istrinya didiagnosis terinfeksi virus corona




TERBARU

[X]
×