kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jazz Pharmaceuticals akuisisi GW Pharmaceuticals, obat berbahan ganja kian populer


Kamis, 04 Februari 2021 / 13:00 WIB
 Jazz Pharmaceuticals akuisisi GW Pharmaceuticals, obat berbahan ganja kian populer
ILUSTRASI. Obat gaja di toko Dr Green shop in Lausanne, Switzerland March 17, 2017. REUTERS/Denis Balibouse


Sumber: Reuters | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - SEATTLE. Jazz Pharmaceuticals Plc  membeli GW Pharmaceuticals plc dalam kesepakatan tunai dan saham senilai US$ 7,2 miliar. Mengutip Reuters, Kamis (4/2), pembelian ini akan meningkatkan bisnis ilmu saraf dengan tambahan pengobatan epilepsi berbasis ganja.

Asal tahu saja, GW  Pharmaceuticals adalah produsen GW Epidiolex GW Pharma, obat turunan ganja pertama yang disetujui di Amerika Serikat. Obat ini menghasilkan penjualan lebih dari US$ 500 juta untuk perusahaan yang berbasis di Inggris tersebut tahun lalu.

Analis memperkirakan penjualan obat itu akan segera menembus US$ 1 miliar. Obat ini disetujui pada Juni 2018 untuk digunakan pada pasien berusia dua tahun atau lebih dengan bentuk epilepsi yang jarang terjadi pada masa kanak-kanak yang paling resisten terhadap pengobatan. Obat itu digunakan oleh termasuk pada anak-anak berusia satu tahun ke atas.

Transaksi ini cukup mengejutkan bagi industri farmasi. Pasalnya ini merupakan langkah pertama dari sebuah perusahaan farmasi tradisional sepeeri Jazz Pharmaceuticals membeli sebuah perusahaan yang menggunakan metode ganja sebagai pengobatan. “Hari ini bisa menjadi titik balik penting karena perusahaan farmasi yang lebih tradisional telah setuju untuk membeli GW Pharma,” kata Nawan Butt, manajer portofolio Medical Cannabis and Wellness UCITS ETF.

Dan Ahrens, kepala operasi dan manajer portofolio di AdvisorShares, yang mengelola ETF Cannabis Murni, mengatakan: "Kami terkejut dengan berita itu ... tetapi sama sekali tidak terkejut dengan peluang atau harga. Semakin banyak perusahaan mempelajari manfaat produk cannabinoid, dan produk cannabinoid dan cannabinoid dengan cepat mendapatkan penerimaan di mata publik dan di tingkat pemerintah federal,” ujarnya.




TERBARU

[X]
×