kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45787,20   0,76   0.10%
  • EMAS1.012.000 0,40%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Jejaring sosial Nextdoor berencana gelar IPO tahun depan


Minggu, 18 Oktober 2020 / 14:46 WIB
Jejaring sosial Nextdoor berencana gelar IPO tahun depan
ILUSTRASI. Wall Street


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nextdoor Inc tengah mempertimbangkan opsi untuk menggelar penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO). 

Dilansir Bloomberg, Sabtu (17/10), perusahaan ini menargetkan nilai valuasi di kisaran US$ 4 miliar- US$ 5 miliar saat menggelar aksi korporasi itu. 

Nextdoor merupakan sebuah jejaring sosial yang khusus untuk menghubungkan pengguna dengan para tetangga dengan tujuan untuk mempererat hubungan antar tetangga. 

Baca Juga: Perusahaan game poker milik investor China siap IPO di AS

Selain sebagai platform berbagi informasi, Nextdoor juga digunakan untuk memperdagangkan barang dan jasa. 

Satu sumber yang mengetahui aksi korporasi ini menjelaskan, Nextdoor sedang menimbang rencana IPO ini melalui beberapa skenario. Seperti menggelar IPO secara langsung atau bisa dengan merger dulu dengan perusahaan lainnya. 

Sumber lain yang juga mengetahui rencana ini menyebut, gelaran IPO ini bisa terjadi sebelum akhir tahun depan.

Nextdooor yang menyangkal sedang sejumlah perusahaan yang ingin melakukan akuisisi alias special purpose acquisition companies (SPAC) untuk mengejar pertumbuhan, mempercepat langkah listing sebagai akibat pandemi.  

SPAC merupakan perusahaan cangkang cek kosong yang dirancang untuk membawa perusahaan ke publik tanpa melalui proses IPO tradisional. Namun saat dikonfirmasi Bloomberg, perwakilan Nextdoor yang berbasis di San Francisco tidak menanggapi permintaan komentar. 

Berdasarkan data PitcBook, perusahaan ini telah mengumpulkan pendanaan sekitar US$ 470 juta dan terakhir bernilai US$ 2,2 miliar setelah putaran pendanaan pada September 2019. 

Investor Netxdoor antara lain Benchmark, Greylock Partners, Kleiner Perkins, Riverwood Capital, Axel Springer dan Tiger Global Management.

Nextdoor dipimpin oleh CEO Sarah Friar yang sebelumnya merupakan direktur keuangan Square Inc saat go public pada tahun 2015. Bulan ini, Nextdoor meningkatkan representasi minoritas di dewannya saat menambahkan John Hope Bryant dan Andrea Wishom sebagai direktur.

“Keinginan kami untuk menghadirkan para pemimpin seperti John dan Andrea ke dewan kami menggarisbawahi pentingnya menjadikan perspektif yang berbeda sebagai suatu keharusan dalam bisnis,” kata Friar saat pengangkatan dua direktur baru itu.

Baca Juga: Kinerja bank di Amerika terus melaju, ini pendorongnya

Platform Nextdoor memungkinkan penggunanya memberikan masukan tentang bisnis lokal. Saat ini platform ini telah mencakup 268.000 lingkungan secara global, termasuk satu dari setiap empat lingkungan di AS. 

Baru-baru ini ada sejumlah perusahaan unicorn mencapai kesepakatan untuk go public setelah bergabung dengan SPAC. Diantaranya ada  startup teknologi properti Opendoor dan perusahaan asuransi Clover Health.

 

Selanjutnya: Resmi IPO di New York, Miniso berhasil raup US$ 608 juta dalam sehari

 




TERBARU

[X]
×