kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Keberhasilan uji coba vaksin Pfizer menjadi harapan besar melawan pandemi Covid-19


Selasa, 10 November 2020 / 09:49 WIB
Keberhasilan uji coba vaksin Pfizer menjadi harapan besar melawan pandemi Covid-19
ILUSTRASI. Vaksin Pfizer. REUTERS/Dado Ruvic/Illustration


Sumber: Reuters | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksin COVID-19 eksperimental Pfizer Inc lebih dari 90% efektif berdasarkan hasil uji coba awal, kata pembuat obat itu pada hari Senin, sebuah kemenangan besar dalam perang melawan virus yang telah menewaskan lebih dari satu juta orang dan mengguncang ekonomi dunia.

Para ilmuwan, pejabat kesehatan masyarakat, dan investor menyambut baik data sementara pertama yang berhasil dari uji klinis skala besar sebagai momen penting yang dapat membantu membalikkan gelombang pandemi jika hasil uji coba lengkap berjalan dengan baik. 

Namun, peluncuran massal, yang membutuhkan persetujuan peraturan, tidak akan terjadi tahun ini dan beberapa vaksin dipandang perlu untuk memenuhi kebutuhan global yang sangat besar.

Pfizer dan mitra Jerman BioNTech mengatakan mereka belum menemukan masalah keamanan yang serius dan diperkirakan akan mengupayakan otorisasi penggunaan darurat AS bulan ini, meningkatkan kemungkinan keputusan regulasi segera setelah Desember.

Jika diberikan, perusahaan memperkirakan mereka dapat meluncurkan hingga 50 juta dosis tahun ini, cukup untuk melindungi 25 juta orang, dan kemudian memproduksi hingga 1,3 miliar dosis pada tahun 2021.

"Hari ini adalah hari yang luar biasa bagi sains dan kemanusiaan," kata Kepala Eksekutif Pfizer Albert Bourla, mencatat pencapaian data datang dengan "tingkat infeksi yang membuat rekor baru, rumah sakit hampir kelebihan kapasitas dan ekonomi berjuang untuk membuka kembali."

Para ahli mengatakan mereka ingin melihat data uji coba lengkap, tetapi hasil awalnya tampak menggembirakan.

Baca Juga: Tingkat kesembuhan pasien Covid 19 meningkat, sebaiknya tetap bergerak saat di rumah

“Berita ini membuat saya tersenyum lebar. Sungguh melegakan melihat hasil positif pada vaksin ini dan menjadi pertanda baik bagi vaksin COVID-19 secara umum, ”kata Peter Horby, profesor penyakit menular yang muncul di Universitas Oxford.

Masih banyak pertanyaan, seperti seberapa efektif vaksin menurut etnis atau usia dan berapa lama kekebalan dapat bertahan. “Tapi intinya adalah, sebagai vaksin, itu lebih dari 90% efektif, yang luar biasa,” pakar penyakit menular AS terkemuka Dr. Anthony Fauci mengatakan kepada CNN.

Pfizer mengharapkan untuk meminta izin penggunaan darurat AS bagi orang-orang yang berusia 16 hingga 85 tahun. Untuk melakukannya, diperlukan data keamanan tindak lanjut selama dua bulan untuk memastikan tidak ada efek samping yang muncul. Itu diharapkan akan tersedia pada minggu ketiga November.

Sekretaris Kesehatan dan Layanan Kemanusiaan AS Alex Azar mengatakan akan membutuhkan beberapa minggu bagi regulator AS untuk menerima dan memproses data sebelum kemungkinan persetujuan.

Selanjutnya: Kasus Covid-19 stabil, vaksin flu direkomendasikan untuk semua warga di Arab Saudi




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×