kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kini tersedia di iPhone, fitur WhatsApp disappearing message


Selasa, 13 Juli 2021 / 20:10 WIB
Kini tersedia di iPhone, fitur WhatsApp disappearing message


Penulis: Arif Budianto

KONTAN.CO.ID - WhatsApp disappearing message atau juga dikenal sebagai view once kini telah tersedia di iOS. Pengguna iPhone yang mengikuti program Beta bisa menjajal fitur view once sekarang juga.

Seiring berjalannya waktu, WhatsApp kembali kedatangan fitur baru. Demi meningkatkan privasi penggunanya, WhatsApp Beta mendapat fitur bernama view once atau juga dikenal sebagai disappearing message.

Apa itu fitur view once? Mengutip dari WABetainfo, fitur ini memungkinkan pengguna WhatsApp mengirimkan file media (foto dan video) ke orang lain tetapi hanya bisa dilihat satu kali saja.

Setelah foto atau video yang dikirimkan dilihat oleh penerima, pesan tersebut akan lenyap atau hilang. Si pengirim bisa mengetahui status pesan yang dikirim, kapan terkirim, kapan dilihat, dan kapan dibuka.

Baca Juga: Google Drive for Desktop akan segera rilis, bakal gantikan Backup and Sync

WhatsApp Disappearing Message/View Once di iPhone

Foto atau video yang dikirimkan akan benar-benar hilang setelah penerima menutup pesan tersebut.

Fitur ini diharapkan bisa meningkatkan privacy pengguna WhatsApp. Sebab, tidak jarang sebagian orang ingin mengirimkan pesan yang hanya bisa dilihat satu kali saja demi menjaga privacy.

Perlu diketahui, bila penerima pesan tidak mengaktifkan status pesan telah diterima atau dua centang biru, status pesan view once tetap bisa dilihat. Jadi, pengirim tetap bisa melihat, apakah pesan telah terkirim, dibuka, dan dilihat.

Baca Juga: Di Android 12, gamers bisa main game sambil download

WhatsApp Disappearing Message/View Once di iPhone

Jika mengirimkan lewat grup, Anda masih bisa melihat status pesan view once yang dibaca anggota lain meskipun tidak mengaktifkan dua centang biru.

Walau Anda mengirimkan pesan lewat view once dan penerima belum mengaktifkan fitur ini, penerima tetap hanya melihat pesan tersebut sekali saja. Pesan tersebut tetap akan hilang ketika telah ditutup.

Sayangnya, fitur ini masih belum bisa mendeteksi, apakah penerima mengambil screenshot pesan yang Anda kirimkan dengan mode view once. Ya, penerima tetap bisa mengambil screenshot meski pesan tersebut akan hilang setelah ditutup.

Perlu diketahui, fitur view once baru tersedia di WhatsApp versi Beta. Jadi, hanya pengguna WhatsApp versi Beta saja yang bisa menjajal fitur ini untuk sementara.

Selanjutnya: Ada yang baru di Google Meet! Video call makin seru, filter dan efek baru telah hadir




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×