kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Kisah para prajurit AS di Irak selamat dari serangan rudal Iran


Selasa, 14 Januari 2020 / 08:29 WIB
Kisah para prajurit AS di Irak selamat dari serangan rudal Iran
ILUSTRASI. Marinir AS dengan Batalion ke-2, Marinir ke-7, ditugaskan ke Gugus Tugas Angkatan Udara-Darat-Tujuan Khusus-Crisis Response-Command Central (SPMAGTF-CR-CC) 19.2, memperkuat Senyawa Kedutaan Besar AS di Baghdad, Irak, 2 Januari 2020.

Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  ASAD.  Pasukan Amerika Serikat (AS) yang bermarkas di pangkalan udara Irak mengisahkan pengalaman mereka saat dibombardir dengan rudal oleh militer Iran.  Mereka mengatakan terkejut atas intensitas serangan tersebut dan bersyukur tak ada di antara mereka yang terluka.

Mengutip Reuters, Selasa (14/1), skala kerusakan di pangkalan Ain al-Asad Irak tersebut menunjukkan kemampuan destruktif Iran pada saat para pejabat AS mengatakan mereka masih khawatir bahwa kelompok-kelompok yang didukung Iran di seluruh wilayah itu dapat melakukan serangan terhadap Amerika Serikat.

Baca Juga: Menlu AS: Terbunuhnya Soleimani bagian strategi baru mencegah musuh

"Sungguh ajaib tidak ada yang terluka," Letnan Kolonel Staci Coleman, perwira angkatan udara AS yang mengelola lapangan terbang, mengatakan kepada wartawan pada hari Senin di pangkalan luas di jauh di gurun Anbar barat di Irak, tempat 1.500 orang Amerika dikerahkan.

"Siapa yang mengira mereka akan meluncurkan rudal balistik pada kita... dan tidak menderita korban?"

Serangan 8 Januari itu terjadi beberapa jam setelah Menteri Pertahanan AS Mark Esper mengatakan Amerika Serikat harus mengharapkan pembalasan atas pembunuhan komandan militer Iran Qassem Soleimani di AS dalam serangan pesawat tak berawak di Irak minggu sebelumnya.

Baca Juga: Jaksa Agung AS: Membunuh Soleimani sah, Trump punya otoritas

Pembunuhan itu menimbulkan kekhawatiran perang Timur Tengah yang baru, tetapi Amerika Serikat, Irak, dan negara-negara lain dengan pasukan di pangkalan itu mengatakan tidak ada yang terluka.




TERBARU

Close [X]
×