kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Lonjakan COVID-19 di Beijing Mendorong Pengujian Massal dan Panic Buying


Senin, 25 April 2022 / 10:39 WIB
Lonjakan COVID-19 di Beijing Mendorong Pengujian Massal dan Panic Buying
ILUSTRASI. Warga berbaris di jalan menunggu giliran tes asam nukleat selama penguncian ditengah pandemi penyakit virus corona (COVID-19), di Shanghai, China. REUTERS/Aly Song


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Kekhawatiran penguncian ketat COVID-19 memicu panic buying di Beijing ketika antrean panjang terbentuk pada Senin (25 April) di sebuah distrik untuk pengujian massal yang diperintahkan oleh otoritas China.

China sudah berusaha menahan gelombang infeksi di kota terbesarnya Shanghai, yang hampir seluruhnya dikunci selama berminggu-minggu dan melaporkan 51 kematian COVID-19 baru pada hari Senin.

Shanghai telah berjuang untuk menyediakan makanan segar bagi mereka yang terkurung di rumah, sementara pasien telah melaporkan kesulitan mengakses perawatan medis non-COVID dan meningkatnya kasus di ibu kota memicu kekhawatiran penguncian serupa.

Baca Juga: Foxconn Menangguhkan Produksi di Dua Pabrik di China

Distrik terbesar di pusat kota Beijing, Chaoyang, yang berpenduduk sekitar 3,5 juta orang, memerintahkan pengujian massal mulai Senin untuk penduduk dan mereka yang datang untuk bekerja di sana - daerah itu menjadi markas banyak perusahaan multinasional dan kedutaan.

Antrean meliuk-liuk di sekitar mal dan di luar kompleks perkantoran pada hari Senin ketika orang-orang menunggu untuk diambil sampelnya oleh petugas kesehatan dengan alat pelindung. "Jika satu kasus ditemukan, daerah ini bisa terpengaruh," kata pekerja kantor Yao Leiming, saat dia menuju lokasi pengujian di Chaoyang bersama sekelompok rekannya.

Perintah pengujian massal, dan peringatan tentang situasi COVID-19 yang "suram" di kota itu, memicu penduduk bergegas ke supermarket untuk menimbun kebutuhan pokok.

Orang-orang terlihat mendorong kereta belanja yang ditumpuk dengan makanan, sementara banyak barang terjual habis di aplikasi pengiriman bahan makanan ketika diperiksa oleh AFP pada hari Minggu - terutama untuk pengiriman ke Chaoyang.

Baca Juga: Orang yang Tinggal, Bekerja di Chaoyang Beijing Harus Menjalani 3 Tes COVID-19

Banyak studio kebugaran dan pusat kebugaran di ibu kota telah membatalkan kelas atau tutup. Beijing juga telah memberlakukan kontrol ketat saat masuk ke kota, dengan para pelancong diharuskan memiliki tes COVID-19 negatif dalam waktu 48 jam.

China telah berjuang untuk mengalahkan wabah terburuknya dalam dua tahun dengan pedoman nol-COVID-nya, yang mencakup penguncian ketat, pengujian massal, dan pembatasan perjalanan.

Para pejabat mengatakan kebijakan ini telah membantu China menghindari bencana kesehatan masyarakat skala besar yang terlihat di tempat lain di dunia selama krisis COVID-19, tetapi pendekatan tersebut telah berdampak besar pada bisnis dan moral publik.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×