kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi Menderita Demensia


Senin, 12 September 2022 / 10:44 WIB
Mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi Menderita Demensia
ILUSTRASI. Mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Badawi Menderita Demensia. REUTERS/Lim Huey Teng


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Mantan Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi menderita demensia, kata Menteri Kesehatan Khairy Jamaluddin, Minggu (11 September). Khairy, yang juga menantu Abdullah, mengatakan bahwa pengumuman itu dibuat setelah diskusi keluarga, karena banyak orang bertanya tentang kesehatan mantan pemimpin itu.

Abdullah, yang juga dikenal sebagai Pak Lah, adalah perdana menteri kelima Malaysia, menjabat antara tahun 2003 dan 2009.

“Pak Lah memang mengidap demensia dan kondisinya memburuk sehingga dia bahkan tidak bisa menyebutkan nama anggota keluarga karena dia tidak ingat. Dia mungkin mengenali mereka, dia tampaknya, tetapi dia telah mencapai tingkat kesulitan untuk berbicara,” kata Khairy pada konferensi pers di Kuala Lumpur pada hari Minggu.

Baca Juga: Waspada, ini 5 gejala penyakit demensia

“Saya baru saja bertanya kepada istri, ibu mertua, dan saudara ipar saya. Saya mengatakan kepada mereka bahwa ada orang yang mengetahui kondisinya sementara yang lain tidak, jadi bisakah saya mengungkapkan ini (kepada publik)?”

Khairy sebelumnya telah meluncurkan edisi baru pedoman praktik klinis untuk pengelolaan demensia dan skizofrenia.

“Saya belum pernah membagikan (informasi) ini sebelumnya. Banyak dari Anda mungkin bertanya-tanya di mana kelima perdana menteri Malaysia berada. Demensia adalah ... kondisi yang sangat kejam karena tubuh ada tetapi pikiran tidak,” katanya.

Baca Juga: Megaproyek Jalur Penghubung Malaka-Dumai Tengah Disiapkan

“Jadi untuk anggota keluarga, pengasuh, ini adalah situasi yang sangat sulit karena Anda melihat mereka di sana tetapi mereka tidak ada di sana. Saya telah melihat ayah mertua saya memburuk selama bertahun-tahun, jadi Anda tidak melihatnya di depan umum lagi karena demensia telah memburuk ke titik di mana ia tidak dapat berfungsi secara normal lagi," tambahnya.

“Dia tidak ingat nama saya dan bahkan nama istri saya. Satu-satunya alasan saya tahu bahwa dia mengenali saya adalah karena ada kedipan di matanya ketika saya datang mengunjunginya. Kalau tidak, saya tidak tahu apakah dia mencatat bahwa saya ada di sana atau tidak,” terangnya.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×