kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,34   -28,38   -2.95%
  • EMAS1.321.000 0,46%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mengulik Kinerja Perusahaan Teknologi Dunia, Apple yang Terbesar


Senin, 08 Mei 2023 / 05:41 WIB
Mengulik Kinerja Perusahaan Teknologi Dunia, Apple yang Terbesar
ILUSTRASI. Cara memperbaiki iPhone stuck di logo Apple.


Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - MELIHAT kinerja emiten perusahaan teknologi terbesar di dunia. Apple Inc keluar menjadi perusahaan dengan kapitalisasi pasar terbesar di dunia, melampaui Microsoft yang sempat berada di urutan pertama sebelumnya.

Nilai kapitalisasi pasar Apple naik hingga US$ 100 miliar menjadi US$ 2,73 triliun setelah sahamnya naik hampir 5% akhir pekan lalu. Ini didorong kinerja yang baik, terutama didorong dari penjualan produknya iPhone terbilang positif karena melampaui ekspetasi.

Apple melaporkan capaian pendapatannya di kuartal I-2023 sebesar US$ 94,8 miliar, jumlah ini turun 3% (YoY), sementara laba per saham tercatat sebesar $1,52 dan tidak berubah dari tahun ke tahun.

Sementara itu jika dilihat per kuartal, Apple mencatat arus kas operasional yang kuat sebesar US$28,6 miliar dan berhasil mengembalikan lebih dari US$23 miliar kepada para pemegang saham.

Kinerja Apple didorong oleh penjualan iPhone yang berkontribusi sebesar US$ 51,33 milliar. Angka tersebut lebih tinggi dari ekspetasi analis Wall Street yang berada di angka US$ 48,84 milliar.

"Kami sangat senang untuk melaporkan rekor sepanjang masa di Layanan dan rekor kuartal Maret untuk iPhone meskipun lingkungan ekonomi makro yang menantang, dan memiliki basis perangkat aktif yang terpasang mencapai titik tertinggi sepanjang masa," kata Tim Cook, CEO Apple dikutip dari keterangan resminya akhir pekan lalu.

Baca Juga: Nilai Pasar Apple Tembus US$ 2,7 Triliun Setelah Harga Melejit Hampir 5%

Apple mengaku akan terus berinvestasi untuk jangka panjang dan memimpin dengan nilai-nilai kami, termasuk membuat kemajuan besar dalam membangun produk dan rantai pasokan netral karbon pada tahun 2030.

"Mengingat keyakinan kami akan masa depan Apple dan nilai yang kami lihat dalam saham kami, Dewan kami telah mengesahkan tambahan $90 miliar untuk pembelian kembali saham. Kami juga meningkatkan dividen kuartalan kami untuk tahun kesebelas berturut-turut," kata Tim Cook.

Dewan direksi Apple telah mengumumkan untuk membagikan dividen tunai sebesar US$ 0,24 per lembar saham. Dividen tersebut akan dibayarkan pada 18 Mei 2023 kepada para pemegang saham yang tercatat pada penutupan bisnis tanggal 15 Mei 2023.

Dewan direksi juga telah mengesahkan program tambahan untuk membeli kembali hingga US$90 miliar saham biasa Perseroan.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×