kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pakistan: Obat Covid-19 Tradisional dari China Bekerja dengan Baik


Selasa, 18 Januari 2022 / 11:49 WIB
Pakistan: Obat Covid-19 Tradisional dari China Bekerja dengan Baik
ILUSTRASI. Obat herbal tradisional Tiongkok Jinhua Qinggan Granules (JHQG) untuk pengobatan?Covid-19, di Pusat Internasional untuk Ilmu Kimia dan Biologi Karachi Universitas di Karachi, Pakistan 17 Januari 2022. REUTERS/Akhtar Soomro


Sumber: Reuters | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - KARACHI. Otoritas kesehatan Pakistan pada hari Senin (17/1) menyatakan telah berhasil melakukan uji coba obat herbal tradisional dari China untuk pasien Covid-19. Obat herbal untuk Covid-19 dari China tersebut dikatakan mampu bekerja dengan baik dan memiliki tingkat kemanjuran di atas 80%.

Dilansir dari Reuters, uji coba ini dilakukan oleh Pusat Internasional untuk Ilmu Kimia dan Biologi (ICCBS) ketika negara tersebut sedang memasuki gelombang kelima Covid-19.

Obat herbal tradisional yang digunakan adalah Jinhua Qinggan Granules (JHQG), yang diproduksi oleh perusahaan farmasi Juxiechang Co Ltd. yang berbasis di Beijing.

Baca Juga: Studi Israel: Empat Dosis Vaksin Masih Belum Mampu Melawan Omicron

Obat JHQG ini juga sudah digunakan secara luas di China dan kini sedang menunggu persetujuan pemerintah Pakistan untuk digunakan secara luas di negara Asia Selatan tersebut.

Profesor Iqbal Chaudhry, direktur ICCBS, mengatakan bahwa obat tersebut sudah bekerja dengan baik untuk melawan berbagai varian virus corona yang sudah ada. Obat tradisional untuk Covid-19 ini juga diharapkan mampu melemahkan varian Omicron.

"Karena telah dicoba pada pasien dengan varian Covid-19 yang berbeda, kami berharap itu juga efektif terhadap varian Omicron," kata Chaudhry.

Chaudhry juga melaporkan bahwa uji coba terbaru dilakukan pada 300 pasien yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Dengan tingkat kemanjuran mencapai 82,67%, obat JHQG dinyatakan bekerja dengan baik pada kasus Covid-19 dengan gejala ringan hingga sedang.

Baca Juga: Perusahaan Start-up Thailand Mengembangkan Vaksin Covid-19 Berbahan Dasar Tembakau

Uji coba kali ini dipastikan telah mendapat persetujuan dan ada di bawah pengawasan resmi Otoritas Pengatur Obat Pakistan. Jika terus menunjukkan hasil yang positif, obat JHQG kemungkinan besar akan digunakan secara luas di Pakistan.

Saat ini Pakistan dinyatakan sedang menghadapi gelombang kelima Covid-19 akibat kemunculan varian Omicron. Pusat Operasi Komando Nasional (NCOC) yang mengawasi pandemi mengatakan, kasus COVID di Pakistan telah meningkat 170% dan kematian naik 62% dalam tujuh hari terakhir.

Pada hari Senin, Pakistan mencatat 4.340 kasus Covid-19 dalam sehari, menjadi yang tertinggi dalam tiga bulan terakhir. Di Karachi, kota terbesar di Pakistan, tingkat positif Covid-19 mencapai 39,39% pada akhir pekan lalu.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×