kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Para pemimpin APEC berjanji perluas pembagian dan pembuatan vaksin COVID-19


Jumat, 16 Juli 2021 / 22:39 WIB
Para pemimpin APEC berjanji perluas pembagian dan pembuatan vaksin COVID-19
ILUSTRASI. Para pemimpin negara menghadiri sesi foto di KTT APEC di Danang, Vietnam, 11 November 2017. REUTERS/Jorge Silva.


Sumber: Reuters | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WELLINGTON. Para pemimpin Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik atau APEC, termasuk Presiden AS Joe Biden, Presiden Rusia Vladimir Putin, dan Presiden China Xi Jinping, pada Jumat (16 Juli) berjanji untuk bekerja memperluas pembagian dan pembuatan vaksin COVID-19 untuk memerangi pandemi global.

Dalam sebuah pernyataan setelah pertemuan virtual APEC yang diketuai Selandia Baru, para pemimpin, yang berjuang untuk menjinakkan wabah yang telah diperburuk oleh varian Delta, mengatakan, mereka akan mendorong transfer sukarela teknologi produksi vaksin "dengan persyaratan yang disepakati bersama".

“Pandemi terus berdampak buruk pada masyarakat dan ekonomi di kawasan kami,” kata para pemimpin APEC dalam pernyataan bersama, seperti dikutip Reuters. “Kedaruratan kesehatan ini hanya akan kita atasi dengan mempercepat pemerataan akses terhadap vaksin COVID-19 yang aman, efektif, terjamin mutunya, dan terjangkau”.

Baca Juga: Bantu atasi lonjakan kasus, China beri Indonesia vaksin dan konsentrator oksigen

Para pemimpin APEC bertemu secara virtual untuk membahas tindakan kolektif untuk menavigasi pandemi COVID-19 dan dampak ekonominya.

Pertemuan tersebut menyoroti kekhawatiran yang berkembang seputar COVID-19 yang berkecamuk di kawasan Asia-Pasifik ketika negara-negara termasuk Indonesia, Thailand, dan Australia menghadapi gelombang infeksi baru.

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menekankan pentingnya kelompok ekonomi beranggota 21 negara itu bekerjasama untuk menavigasi jalan keluar dari pandemi saat berbicara dengan Biden lewat sambungan telepon menjelang pertemuan APEC.

Sementara Putin mengatakan kepada para pemimpun APEC, hambatan global untuk produksi dan pengiriman vaksin perlu dihilangkan.

Selanjutnya: Thailand catat 9.692 kasus baru COVID-19, rekor harian tertinggi anyar




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×