kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45910,41   -13,08   -1.42%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasokan Cip Tersendat Ganggu Penjualan Geely Automobile


Jumat, 25 Maret 2022 / 15:07 WIB
Pasokan Cip Tersendat Ganggu Penjualan Geely Automobile
ILUSTRASI. Geely Automobile menyebut, kurangnya pasokan cip global akan berdampak kepada profitabilitas dan penjualan di tahun ini.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Produsen mobil China, Geely Automobile Holdings Ltd menyebutkan, kenaikan harga bahan baku dan kurangnya pasokan cip global akan berdampak kepada profitabilitas dan penjualan di tahun ini. Tahun lalu, laba Geely merosot 12%.

Seperti dikutip Reuters, produsen mobil China paling terkenal di dunia berkat investasi di Volvo Cars dan Daimler itu membukukan laba 4,85 miliar yuan atau sekitar US$ $ 761,64 juta pada tahun 2021. Laba ini tutun dibandingkan dengan 5,53 miliar yuan tahun sebelumnya. Sementara pendapatan naik 10% menjadi 101,6 miliar yuan.

"Meningkatnya persaingan di pasar China, kenaikan harga bahan baku, gangguan terkait pandemi, dan tanda-tanda kekurangan pasokan cip global yang tidak menunjukkan tanda-tanda membaik akan terus membebani kinerja penjualan dan profitabilitas grup pada tahun 2022," kata Geely Automobile dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Reuters, Jumat (25/3).

Baca Juga: Untuk Menyokong Mobil Sport Lotus, Perusahaan Milik Geely dan Etika Himpun Pendanaan

Geely Automobile menargetkan penjualan kendaraan tahun ini naik 24% menjadi 1,65 juta kendaraan. Geely juga berusaha memperluas penjualan ekspor ke pasar baru di Asia Tenggara, Timur Tengah dan Eropa Barat.

Penjualan mobil di China tumbuh pada tahun lalu, dibantu oleh lonjakan penjualan kendaraan energi baru. Tetapi para pengusaha otomotif mengingatkan dampak dari kekurangan semikonduktor global dan kenaikan harga bahan baku, yang diperburuk oleh gangguan rantai pasokan setelah invasi Rusia ke Ukraina.

CEO Geely Auto Group Jerry Gan mengatakan, ketergantungan perusahaan pada cip khusus dan rantai pasokan global berarti bahwa kekurangan semikonduktor memiliki dampak yang cukup besar pada produksi. Geely akan menggunakan cip internal untuk memecahkan masalah ini.

Baca Juga: Perusahaan Mobil Listrik Milik Baidu Kumpulkan Pendanaan Baru Senilai US$ 400 Juta




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×