kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasokan Menurun, Harga Lithium Melesat dalam Setahun Terakhir


Jumat, 27 Mei 2022 / 14:19 WIB
Pasokan Menurun, Harga Lithium Melesat dalam Setahun Terakhir
ILUSTRASI. Pegawai GM menunjukkan contoh baterai logam litium generasi mendatang pabrikan perusahaan di GM Chemical and Material Systems Lab di Warren, Michigan, Amerika Serikat, 9 September 2020. Steve Fecht/General Motors/Handout via REUTERS


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Upaya dunia menghentikan pemanasan global dengan berbondong-bondong beralih ke kendaraan listrik (EV) tampaknya harus terhambat. Bagaimana tidak, pasokan lithium yang menjadi bahan dasar kendaraan listrik telah mengalami krisis.

Dengan permintaan yang telah melampaui pasokan, harga lithium pun terkerk hampir 500% dalam setahun. Benchmark Mineral Intelligence pun menyebutkan harga spot lithium saat ini dapat menambahkan hingga US$ 1.000 untuk biaya kendaraan baru.

Konsekuensi dari kegagalan untuk menghasilkan lithium yang cukup berpotensi menghancurkan Investasi global dalam EV yang telah tumbuh lebih cepat daripada sektor energi baru lainnya selama beberapa tahun terakhir, bahkan melampaui tenaga angin dan surya.

"Sepertinya peningkatan ekspansi tidak akan cukup cepat untuk memenuhi permintaan selama tiga tahun ke depan,” kata Cameron Perks, seorang analis Benchmark dikutip dari Bloomberg, Jumat (27/5).

Baca Juga: Saat Masalah Taiwan Memanas, China Gelar Latihan Militer di Laut China Selatan

Kurangnya pasokan itu membuat CEO Tesla Elon Musk mulai memikirkan untuk masuk ke penambangan & pemurnian secara langsung dalam skala besar, kecuali jika biaya meningkat.”

Tesla Inc. milik Musk dan pembuat mobil China BYD Co., Xpeng Inc., dan Li Auto Inc. semuanya telah menaikkan harga stiker, seperti halnya Contemporary Amperex Technology Co. Ltd., pembuat baterai EV terbesar di dunia.

Untuk pembuat baterai, kesengsaraan itu diperparah oleh pandemi dan perang Rusia di Ukraina, yang telah menyedot pasokan bahan-bahan lain yang mereka butuhkan, termasuk nikel, grafit, dan kobalt.

Pengetatan pasokan dan harga yang lebih tinggi telah mendorong serangkaian akuisisi dan usaha patungan karena pembuat baterai dan pembuat mobil mencoba mengamankan pasokan, dan melepaskan gelombang nasionalisme sumber daya di antara pemerintah. 

Baca Juga: Australia Segera Boyong Sistem Rudal HIMARS Senilai US$385 Juta dari AS

Adapun, cara tercepat untuk meningkatkan pasokan adalah dengan meningkatkan output dari sumber-sumber yang ada. Ganfeng Lithium Co., salah satu produsen terbesar di dunia, mengatakan akan menggunakan rekor keuntungan untuk meningkatkan produksi. 

Pilbara Minerals Ltd. asal Australia bertujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi lebih dari 50% pada kuartal September dengan memperluas tambang Pilgangoora di Australia Barat, sebuah proyek yang melibatkan mitra China Great Wall Motor Co. dan CATL.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×