kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

PDB Korea Selatan hanya tumbuh 2% pada tahun 2019, terendah sejak krisis keuangan


Rabu, 22 Januari 2020 / 09:31 WIB
PDB Korea Selatan hanya tumbuh 2% pada tahun 2019, terendah sejak krisis keuangan
ILUSTRASI. Logo Bank of Korea.

Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - SEOUL. Lonjakan belanja pemerintah Korea Selatan menopang pertumbuhan ekonomi Korea Selatan pada kuartal IV-2019, yang menjadi pertumbuhan ekonomi tercepat dalam dua tahun terakhir. Namun, penurunan ekspor dan ketegangan perdagangan global membuat ekonomi secara tahunan turun ke level terendah sejak tahun 2009.

Mengutip Reuters, perlambatan ekonomi Korea Selatan terjadi ketika pemerintahan Presiden Moon Jae-in meningkatkan belanja fiskal dan ketika Bank of Korea mempertimbangkan stimulus lebih lanjut untuk melindungi ekonomi dari perlambatan global.

Baca Juga: South Korea posts slowest annual GDP growth since financial crisis

Produk domestik bruto Korea Selatan tumbuh 1,2% pada kuartalIV-2019 dari kuartal sebelumnya. Bank of Korea mengatakan, pertumbuhan ekonomi ini merupakan yang tercepat sejak kuartal III-2017.

"Belanja pemerintah jelas merupakan pendorong utama karena ekspor terhambat," kata Park Chong-hoon, ekonom Standard Chartered Bank seperti dikutip Reuters Rabu (21/1).

"Ada prospek perbaikan ekspor tahun ini dengan penandatanganan kesepakatan dagang AS-Chia dan saat China melanjutkan kebijakan fiskal ekspansifnya"."

Pengeluaran pemerintah yang kuat di bidang infrastruktur publik dikombinasikan dengan konsumsi swasta yang lebih baik meningkatkan pertumbuhan pada kuartal keempat tahun 2019, tetapi ekspor tak banyak terbantu, sehingga tidak banyak memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi.




TERBARU

Close [X]
×