Ragam reaksi dunia atas kemenangan Macron

Senin, 08 Mei 2017 | 15:18 WIB Sumber: CNBC
Ragam reaksi dunia atas kemenangan Macron


PARIS. Emmanuel Macron berhasil memenangkan kunci ke Istana Elysse dalam pertarungan yang sengit dan paling seru dalam sejarah pemilu presiden Prancis.

Kandidat poros tengah ini berhasil menang dengan perolehan suara mencapai 66%, melawan pesaingnya Marine Le Pen yang hanya berhasil meraup 34% suara pada pemilu putaran kedua yang berlangsung Minggu (7/5) kemarin.

Bagaimana reaksi dunia atas kemenangan Macron? Simak hasil rangkuman CNBC terkait kemenangan Macron pada pemilu Prancis.

- Le Figaro

"Jalan Kemenangan" merupakan judul utama yang terpampang di harian Le Figaro, koran harian pagi Prancis, beberapa jam setelah Macron dinyatakan menang dalam pemilu presiden.

Le Figaro banyak menyorot aksi Macron di sepanjang Louvre pada Minggu malam saat dia berpidato di hadapan warga Prancis dan pengamat internasional.


- Le Parisien

Harian Le Parisien menulis judul "39 tahun dan menjadi presiden" di halaman depan koran mereka. Koran ini merayakan terpilihnya presiden termuda dalam sejarah Prancis.


- Presiden AS Donald Trump

Presiden Donald Trump dengan cepat menggunakan media sosial untuk memberikan selamat kepada koleganya asal Prancis. Dia mengatakan, dirinya tak sabar untuk bekerjasama dengan Macron di masa yang akan datang.


- I'Humanite

"Pertarungan baru pun dimulai" merupakan judul berita utama di harian Prancis I'Humanite. Judul itu merujuk pada hak-hak pekerja yang terabaikan dan meningkatnya kebebasan bagi institusi finansial besar di bawah Presiden Macron.


- Presiden Dewan Eropa Donald Tusk

Presiden Dewan Eropa Donald Tusk, mengekspresikan kelegaan atas kemenangan kandidat yang pro-Uni Eropa. Tusk mengapresiasi warga Prancis atas komitmen mereka atas nilai-nilai utama, yakni: Kemenangan, kesejajaran, dan persaudaraan.


- Perdana Menteri Inggris Theresa May

Perdana Menteri Inggris Theresa May memberikan selamat atas terpilihnya presiden baru Prancis via media sosial.


- Die Tageszeitung

"Fuihh". Menurut harian Die Tageszeitung, kata ini cukup menjelaskan kelegaan Jerman atas kemenangan Macron. Menangnya kandidat pro-Uni Eropa membuat tujuan anggota-anggota Eropa lainnya untuk memperkuat kembali persatuan akan terwujud.


- The Guardian

Harian liberal Inggris The Guardian mengumumkan kemenangan Macron, dan menulis Macron memiliki tugas berat dalam mempersatukan negara yang tengah terpecah belah.


- Hillary Clinton

Hillary Clinton juga menyambut baik kemenangan Macron. Dia juga melihat adanya dugaan campur tangan ilegal yang merusak hari-hari terakhir kampanye baik dirinya maupun Macron.


- El Pais

Koran harian Spanyol El Pais menulis kemenangan Macron mengalahkan radikalisme setelah Macron menang melawan Le Pen.


- Presiden Komisi Uni Eropa Jean-Claude Juncker

Jean-Claude Juncker, Presiden Komisi Uni Eropa, mengatakan Prancis telah memilih masa depan Eropa dan menyerukan warga untuk bersatu menciptakan Eropa yang lebih kuat.


Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru