kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ruja Ignatova, Ratu Kripto yang Kini Masuk Daftar 10 Orang Paling Dicari FBI


Sabtu, 02 Juli 2022 / 06:00 WIB
Ruja Ignatova, Ratu Kripto yang Kini Masuk Daftar 10 Orang Paling Dicari FBI


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - LONDON. Ruja Ignatova, juga dikenal sebagai "Ratu Kripto yang Menghilang", telah ditempatkan di daftar 10 orang paling dicari FBI.

Melansir BBC, wanita berkewarganegaan Bulgaria itu diyakini berusia 40-an. Dia dicari karena dugaan perannya dalam menjalankan penipuan cryptocurrency yang dikenal sebagai OneCoin.

Penyelidik federal menuduh buronan menggunakan skema untuk menipu korban lebih dari US$ 4 miliar atau Rp 59,895 triliun.

Dia telah menghilang sejak 2017 ketika pejabat AS menandatangani surat perintah penangkapan dan penyelidik mulai mendekatinya.

Pada tahun 2014, OneCoin, cryptocurrency yang dideskripsikan sendiri, mulai menawarkan komisi pembeli jika mereka menjual mata uang tersebut kepada lebih banyak orang.

Tetapi agen FBI mengatakan OneCoin tidak berharga dan tidak pernah dilindungi oleh teknologi blockchain yang digunakan oleh cryptocurrency lainnya.

Baca Juga: Penipuan Berkedok Investasi Kripto Rugikan US$ 1,7 Miliar Melibatkan Warga Afsel

Menurut tuduhan yang dibuat oleh jaksa federal, OneCoin pada dasarnya adalah skema Ponzi yang disamarkan sebagai cryptocurrency.

“Dia mengatur waktu skemanya dengan sempurna, memanfaatkan spekulasi hiruk pikuk hari-hari awal cryptocurrency,” kata Damian Williams, jaksa federal Manhattan.

FBI menambahkan buronan ke daftar yang paling dicari ketika mereka yakin masyarakat umum mungkin dapat membantu melacak mereka.

Pemberitahuan biro yang diterbitkan pada hari Kamis menawarkan hadiah US$ 100.000 untuk setiap informasi yang mengarah pada penangkapan Ignatova, yang didakwa pada tahun 2019 dengan delapan tuduhan termasuk penipuan kawat dan penipuan sekuritas.

Dia adalah satu-satunya wanita di daftar 10 paling dicari FBI.

Baca Juga: Tekanan Jual Melanda Aset Kripto, Kapan Bisa Bangkit?

Mengutip Washington Post, sebelum wajahnya terpampang di poster buronan, Ignatova, seorang warga negara Jerman dengan darah Bulgaria, memiliki "resume yang bagus" yang menunjukkan gelar sarjana hukum dari Universitas Oxford dan pekerjaan konsultasi di McKinsey & Company. 




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×