kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45950,15   -24,18   -2.48%
  • EMAS989.000 -0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Rusia melacak 42 pesawat dan drone mata-mata milik negara asing dalam seminggu


Selasa, 14 Desember 2021 / 12:26 WIB
Rusia melacak 42 pesawat dan drone mata-mata milik negara asing dalam seminggu
ILUSTRASI. Pesawat tempur MiG-31 milik Rusia


Sumber: TASS | Editor: Prihastomo Wahyu Widodo

KONTAN.CO.ID - MOSKOW. Radar Rusia berhasil melacak lebih dari 40 pesawat dan drone mata-mata milik negara asing dalam seminggu terakhir. Semuanya tercatat mendekati wilayah perbatasan Rusia.

Media Kementerian Pertahanan Rusia, Krasnaya Zvezda, pada hari Senin (13/12) melaporkan bahwa semua kunjungan asing tersebut berhasil dilacak oleh stasiun radar Rusia.

Dilansir dari TASS, infografis Krasnaya Zvezda menunjukkan adanya 34 pesawat mata-mata asing dan 8 pesawat tak berawak melakukan pengintaian udara di sepanjang perbatasan negara Rusia dalam seminggu terakhir. 

Meskipun demikian, surat kabar kementerian tersebut tidak merinci asal pesawat dan drone pengintai yang mendekati wilayah Rusia. Besar kemungkinan semuanya datang dari negara-negara Barat seperti AS dan sekutunya yang tergabung di NATO.

Merespons kehadiran armada pengintai, jet tempur militer Rusia sempat memberikan peringatan melalui reaksi cepat pada tiga kesempatan dalam seminggu terakhir. Tiga peringatan tersebut diberikan kepada pesawat yang terbang terlalu dekat dengan perbatasan.

Baca Juga: Percaya diri, Putin sebut Rusia memimpin perkembangan teknologi hipersonik dunia

Surat kabar Krasnaya Zvezda memastikan tidak ada satu pun pelanggaran perbatasan dalam seminggu terakhir, meskipun intensitas kunjungan terbilang sangat tinggi.

Pada seminggu terakhir pula, Rusia juga dikabarkan mulai mengirimkan armada pesawat pencegat MiG-31 dan pengangkut personel lapis baja BTR-82AM ke pasukan militernya. Tambahan alutsista ini merupakan bagian dari rencana pengadaan pertahanan hingga akhir tahun ini.

Mikoyan MiG-31 adalah pesawat tempur pencegat yang Rusia kembangkan untuk menggantikan MiG-25 "Foxbat". Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) menjuluki MiG-31 dengan sebutan Foxhound.

Pesawat MiG-31 telah bekerja cukup sibuk setidaknya dalam satu tahun terakhir. Pesawat tempur ini kerap mencegat pesawat pengintai milik AS dan negara Eropa lainnya. Selain MiG-31, militer Rusia juga kerap menugaskan Sukhoi Su-27 untuk melakukan pencegatan dan pengawalan pesawat asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Financial Modeling & Corporate Valuation Fundamental Supply Chain Planner Development Program (SCPDP)

[X]
×