kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sehari Pasca Bebas dari Penjara, Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Bertemu Jaksa


Senin, 19 Februari 2024 / 16:12 WIB
Sehari Pasca Bebas dari Penjara, Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Bertemu Jaksa
ILUSTRASI. Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra bertemu jaksa untuk membahas tuduhan penghinaan terhadap monarki yang berkuasa REUTERS/Athit Perawongmetha


Sumber: Reuters | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - BANGKOK. Mantan perdana menteri Thailand Thaksin Shinawatra bertemu dengan jaksa untuk membahas tuduhan penghinaan terhadap monarki yang berkuasa pada Senin (19/2), sehari setelah bebas dari tahanan. Dalam pertemuan itu, Thaksin tampak sakit parah.

Mengutip Reuters, Senin (19/2), Thaksin, menghadiri pertemuan tersebut dengan menggunakan kursi roda dan menggunakan penyangga leher.

Thaksin, 74 tahun, dibebaskan bersyarat pada hari Minggu setelah enam bulan ditahan di rumah sakit. Ini adalah hari pertama kebebasannya di tanah airnya 15 tahun setelah melarikan diri setelah penggulingannya dalam kudeta militer. 

Tidak jelas masalah kesehatan apa yang dideritanya, dan rincian lengkapnya belum diungkapkan oleh dokter atau keluarganya.

"Saya berbicara dengannya dan dia hampir tidak bisa bersuara. Dari apa yang saya lihat, dia benar-benar sakit," kata Preecha Sudsanguan, direktur jenderal kantor litigasi pada konferensi pers. 

Baca Juga: Mantan Perdana Menteri Thailand Thaksin Shinawatra Bebas Bersyarat Hari Ini

"Dia memakai penyangga leher dan gendongan di lengannya, dan dia tidak bisa berjalan."

Thaksin mendapat pembebasan beryarat, karena usianya, kesehatannya dan masa hukumannya. Raja meringankan hukuman Thaksin dari delapan tahun penjara menjadi satu tahun segera setelah ia ditahan karena penyalahgunaan kekuasaan dan konflik kepentingan.

Pheu Thai, sebuah partai yang dikendalikan oleh keluarga Shinawatra, saat ini berkuasa dan para kritikus mengeluhkan perlakuan lunak terhadap Thaksin dan mempertanyakan parahnya masalah kesehatannya.

“Mulai sekarang, siapa pun yang ditahan bisa mengatakan mereka mengidap penyakit Thaksin, karena begitu Anda mengidap penyakit ini, Anda bisa berobat ke mana saja,” kata Ramet Rattanashaweng, juru bicara partai oposisi Partai Demokrat.

Wakil Perdana Menteri Phumtham Wechayachai membela Thaksin dan mengatakan bahwa wajar jika seseorang seusianya membutuhkan penyangga leher dan gendongan.

“Bagi seseorang yang sedang sakit, hendaknya kita memberikan semangat, bukan malah menuduhnya berpura-pura,” ujarnya.

Merayakan Kebebasan

Thaksin kembali secara dramatis pada bulan Agustus dan tidak menunjukkan tanda-tanda kesehatan yang buruk ketika ia keluar dari jet pribadinya untuk menyambut para pendukung dan keluarganya, sebelum dikawal oleh polisi ketika ia tiba. Namun dia dipindahkan ke rumah sakit pada malam pertamanya di penjara karena dia mengeluh nyeri dada.

Tahun lalu, dokter mengatakan dia menderita tekanan darah tinggi, masalah jantung dan sakit punggung yang mempengaruhi keseimbangannya, sehingga dia menjalani operasi, dan mudah lelah karena infeksi Covid-19 sebelumnya.

Kantor Kejaksaan Agung mengatakan penyelidikan lebih lanjut diperlukan sebelum memutuskan apakah akan mendakwa Thaksin karena menghina mahkota. 

Keluhan tersebut, yang dibuat oleh militer yang menggulingkan pemerintahan saudara perempuannya, Yingluck Shinawatra, berasal dari wawancara yang diberikan Thaksin saat berada di pengasingan pada tahun 2015.

Menghina monarki adalah pelanggaran serius dan penghinaan besar di Thailand, di mana konstitusi menyatakan raja harus ditempatkan pada posisi yang dihormati.

Ratusan orang telah diadili dalam beberapa tahun terakhir berdasarkan undang-undang lese-majeste Thailand, yang merupakan salah satu undang-undang paling ketat di dunia dan membawa hukuman penjara maksimal hingga 15 tahun untuk setiap penghinaan terhadap kerajaan.

Baca Juga: Akhirnya, Mantan PM Thailand Thaksin Shinawatra Mendapatkan Pembebasan Bersyarat

Thaksin selalu berjanji setia kepada monarki dan baru-baru ini mengirimkan surat permohonan kepada pihak berwenang untuk meminta keadilan dalam kasus ini.

Perdana Menteri Thailand yang paling terkenal dan paling terpolarisasi, Thaksin adalah sosok yang berpengaruh dalam politik Thailand ketika mengasingkan diri untuk menghindari penjara karena penyalahgunaan kekuasaan, tuduhan yang dia yakini dibuat oleh para penguasa lama negara itu untuk menjauhkannya.

Ia diperkirakan akan memberikan pengaruh terhadap pemerintahan saat ini yang dipimpin oleh sekutu-sekutunya, namun bersikeras bahwa ia sudah pensiun.

Thaksin perlu melapor kembali pada 10 April untuk mendengar keputusan kantor tersebut mengenai penyelidikan penghinaan kerajaan, kata Prayut Petchkun, juru bicara kantor jaksa agung.

“Yang terlibat adalah orang penting, tuduhannya serius dan masyarakat berkepentingan,” ujarnya.




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×