kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Spanyol mulai coba buka keran pariwisata pada akhir Juni


Kamis, 04 Juni 2020 / 20:06 WIB
Spanyol mulai coba buka keran pariwisata pada akhir Juni
ILUSTRASI. Seorang pria memakai masker pelindung terefleksi di sebuah jendela toko di tengah penyebaran penyakit virus corona (COVID-19) di Madrid, Spanyol, Selasa (26/5/2020). REUTERS/Sergio Perez


Reporter: Rizki Caturini | Editor: Rizki Caturini

KONTAN.CO.ID - MADRID. Spanyol akan membuka perbatasan darat dengan Perancis dan Portugal pada 22 Juni mendatang. Ini seiring dengan rencana mulai dibukanya industri pariwisata di negara itu.

Perbatasan dengan Perancis dan Portugal tertutup bagi semua orang kecuali orang Spanyol, pekerja lintas batas dan pengemudi truk sejak penutupan pada Maret lalu gara-gara pandemi corona. 

Tetapi dengan tingkat kematian dan infeksi yang turun tajam, Spanyol adalah salah satu negara yang mencoba untuk secara bertahap mengembalikan kebebasan bergerak di wilayah Schengen.

"Ini sangat penting karena akan memungkinkan kami untuk memulihkan beberapa wisatawan pada rute darat," kata Menteri Pariwisata Spanyol Reyes Maroto seperti dikutip Reuters, Kamis (4/6).  

Baca Juga: Mulai hari ini, Italia kembali buka gerbang pariwisata bagi pelancong Eropa

Spanyol menjadi negara yang paling banyak dikunjungi kedua di dunia. Sektor pariwisata menyumbang sekitar 12% dari ekonomi negara.

Maroto mengatakan, Spanyol mungkin akan membebaskan kedatangan melalui darat dari Perancis dan Portugal dari kewajiban karantina selama 14 hari yang berlaku saat ini.

Maroto mengatakan, operator tur TUI dijadwalkan membawa 6.000 orang Jerman untuk mengunjungi kepulauan Balearic di sekitar pulau Mallorca.

Skema wisata lain di kepulauan Canary di barat laut Afrika diharapkan bisa berjalan, sebelum perbatasan dibuka sepenuhnya pada 1 Juli.

Baca Juga: Dapat lampu hijau, kompetisi olahraga di Inggris kembali digelar Senin depan

Sejauh ini virus corona di Spanyol tercatat sebanyak 240.326 kasus dan 27.128 kasus kematian.

Sebagai protokol kesehatan, para wisatawan akan diperiksa suhu tubuhnya dan mereka akan diminta untuk mengisi kuesioner tentang kesehatan mereka dan lokasi penginapan mereka selama berwisata.




TERBARU

[X]
×