kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tak cuma kekuatan militer, Iran bisa balas dendam ke Amerika lewat serangan siber


Selasa, 07 Januari 2020 / 13:57 WIB
Tak cuma kekuatan militer, Iran bisa balas dendam ke Amerika lewat serangan siber
ILUSTRASI. Penyemayaman Jenderal Qassem Soleimani (6/1/220). Official President's website/Handout via REUTERS ATTENTION EDITORS - THIS IMAGE WAS PROVIDED BY A THIRD PARTY. NO RESALES. NO ARCHIVES TPX IMAGES OF THE DAY


Sumber: CNN | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Iran telah bersumpah untuk membalas dendam setelah serangan udara Amerika Serikat membunuh jenderal top mereka, Qasem Soleimani. Pembalasan lewat kekuatan militer dinilai bukan satu-satunya jalan yang bisa ditempuh Iran.

Pasalnya, serangan siber dinilai sejumlah pengamat sebagai cara lain yang bisa dilakukan Iran untuk membalas dendam.

Baca Juga: Hubungan memanas, AS tolak visa Menlu Iran untuk hadiri acara PBB di New York

"Iran memiliki sejarah panjang serangan siber bermotivasi politik di seluruh dunia," tulis analis Evercore Ken Talanian dan Kirk Materne dalam catatan yang dikutip CNN Business

"Serangan-serangan itu sering mengikuti perubahan pada sanksi yang berikan AS," lanjutnya.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, telah bersumpah akan melakukan balas dendam keras atas pembunuhan Soleimani, kepala Pasukan Pengawal Revolusi Islam Pasukan Quds. Pemerintahan Trump mengatakan Soleimani yang harus disalahkan atas serangan mematikan di Timur Tengah.

Dari semua alat yang harus dibalas Teheran, termasuk militernya yang besar, proksi yang didukung Iran di sekitar Timur Tengah, dan operasi disinformasi yang kuat, para ahli percaya kemungkinan akan menimbulkan kerusakan melalui serangan dunia maya.

Baca Juga: Respons Kepala Pentagon soal desakan pasukan AS keluar dari Irak

"Pembunuhan Soleimani melewati ambang batas yang signifikan dalam konflik AS-Iran," kata Kiersten Todt, Direktur Pelaksana Cyber ​​Readiness Institute. 

"Orang Iran pasti akan berusaha membalas. Dari opsi yang tersedia bagi mereka, dunia maya adalah yang paling menarik," lanjut dia.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×