Tambah Kepemilikan, Perusahaan Warren Buffett Kuasai 19,2% Saham Occidental Petroleum

Kamis, 14 Juli 2022 | 07:13 WIB Sumber: Reuters
Tambah Kepemilikan, Perusahaan Warren Buffett Kuasai 19,2% Saham Occidental Petroleum

ILUSTRASI. Berkshire Hathaway Chairman Warren Buffett


KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Berkshire Hathaway Inc, yang dijalankan oleh miliarder Warren Buffett, mengatakan telah menambahk kepemilikan di Occidental Petroleum Corp. Pekan lalu, Berkshire membeli 4,3 juta saham dan membuat kepemilikannya di perusahaan minyak tersebut meningkat menjadi 19,2%.

Dalam pengumuman kepada Komisi Sekuritas dan Bursa AS pada hari Rabu (13/7), Berkshire mengatakan, telah menghabiskan sekitar US$ 250 juta untuk pembelian saham tambahan, dan sekarang memiliki 179,4 juta saham biasa di Occidental dengan nilai mencapai US$ 10,4 miliar.

Pembelian terakhir ini menempatkan kepemilikan Berkshire mendekati 20%, ambang batas yang memungkinkannya mencatat bagian proporsional dari pendapatan Occidental dengan hasilnya sendiri, yang dikenal sebagai metode akuntansi ekuitas.

Menurut Refinitiv, analis rata-rata memperkirakan, pendapatan bersih Occidental lebih dari US$ 10 miliar di tahun ini.

Baca Juga: Inilah Langkah yang Pertama Kali Dilakukan Warren Buffett saat Pasar Panik

Berkshire menggunakan metode ekuitas untuk kepemilikan 26,6% di Kraft Heinz Co, perusahaan makanan kemasan yang dikendalikannya dengan perusahaan ekuitas swasta Brasil 3G Capital.

Namun walau sejauh ini Berkshire merupakan pemegang saham terbesar di Occidental, perusahaan dapat berpendapat bahwa akuntansinya harus tetap tidak berubah karena sahamnya pasif.

Berkshire juga memiliki US$ 10 miliar saham preferen Occidental yang menghasilkan US$ 800 juta dari dividen tahunan, dan memiliki waran untuk membeli 83,9 juta saham biasa lainnya seharga US$ 5 miliar.

Harga saham Occidental naik dua kali lipat di tahun ini, dibantu oleh kenaikan harga minyak menyusul invasi Rusia ke Ukraina.

Beberapa analis berspekulasi bahwa Berkshire dapat membeli semua perusahaan yang berbasis di Houston, yang telah mengurangi utang sejak mengakuisisi Anadarko Petroleum Corp senilai US$ 35,7 miliar pada 2019.

Baca Juga: Kapan Pasar Kripto Bisa Bullish Lagi? Ini Prediksinya

Investasi saham preferen Berkshire membantu membiayai pengambilalihan Anadarko.

Pada 2010, Berkshire membeli kereta api BNSF seharga US$ 26,5 miliar setelah sebelumnya mengumpulkan 22,6% saham.

Konglomerat Buffett yang berbasis di Omaha, Nebraska juga memiliki lusinan bisnis lain termasuk perusahaan asuransi mobil Geico dan permen See, dan saham termasuk Apple Inc dan Bank of America Corp.

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru