kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,96   1,15   0.15%
  • EMAS930.000 0,22%
  • RD.SAHAM -0.09%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Tergelincir ke jurang resesi, ekonomi Jepang diramal akan memburuk karena pandemi


Senin, 18 Mei 2020 / 11:00 WIB
Tergelincir ke jurang resesi, ekonomi Jepang diramal akan memburuk karena pandemi
ILUSTRASI. Perekonomian Jepang. REUTERS/Issei Kato

Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - TOKYO. Perekonomian Jepang tergelincir ke dalam jurang resesi untuk pertama kalinya dalam 4,5 tahun terakhir. Kondisi ini menempatkan Jepang ke jalur kemerosotan terdalam pascaperang ketika krisis virus corona menghancurkan bisnis dan daya beli konsumen.

Melansir Reuters, data PDB Jepang pada kuartal pertama menggarisbawahi dampak meluasnya wabah, di mana tingkat ekspor mengalami keanjlokan terbesar sejak gempa bumi Maret 2011 akibat penguncian global.

Analis memperingatkan, gambaran yang lebih suram untuk kuartal saat ini karena melorotnya tingkat konsumsi setelah pemerintah pada bulan April meminta warga untuk tinggal di rumah dan bisnis ditutup. Hal ini mengintensifkan tantangan bagi pembuat kebijakan dalam memerangi pandemi.

Baca Juga: Jepang cabut keadaan darurat corona, kecuali di Tokyo dan Osaka

"Sudah hampir pasti bahwa ekonomi mengalami penurunan yang lebih dalam pada kuartal  ini. Jepang telah memasuki masa resesi besar-besaran," kata Yuichi Kodama, kepala ekonom di Meiji Yasuda Research Institute kepada Reuters.

Data produk domestik bruto (PDB) resmi menunjukkan, negara dengan perekonomian terbesar ketiga di dunia itu mengalami penurunan tahunan 3,4% pada kuartal pertama, lebih rendah dari perkiraan pelaku pasar rata-rata yang memprediksi penurunan 4,6%.

Baca Juga: Jepang susun anggaran ekstra kedua untuk memerangi dampak wabah corona

Pada periode Oktober-Desember, kemerosotan diprediksi akan lebih curam lagi mencapai7,3%. Dengan dua kuartal mengalami kontraksi berturut-turut, hal ini memenuhi definisi teknis dari resesi. Terakhir kali Jepang mengalami resesi adalah di paruh kedua 2015.

Virus Corona, yang pertama kali muncul di China akhir tahun lalu, telah merusak perekonomian global karena banyak negara melakukan penguncian ketat untuk mengekang wabah yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 310.000 orang di seluruh dunia. Pandemik telah secara besar-besaran mengganggu rantai pasokan dan bisnis, terutama di negara-negara yang bergantung pada perdagangan ekspor seperti Jepang.




TERBARU

[X]
×