kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,42   6,96   0.76%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Uni Eropa memulai pembicaraan soal rencana pembahasan tarif impor dengan AS


Jumat, 22 Februari 2019 / 19:34 WIB
Uni Eropa memulai pembicaraan soal rencana pembahasan tarif impor dengan AS


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - BUKARES. Para menteri Eropa akan memulai pembicaraan pada akhir pekan ini terkait rencana untuk memulai negosiasi perdagangan dengan Amerika Serikat. Pembicaraan ini perlu dilakukan karena Presiden AS Donald Trump bisa mengenakan tarif pada impor mobil dari Eropa jika blok ekonomi tersebut tak cepat-cepat bereaksi.

Dilansir dari Reuters, Komisi Eropa telah meminta 28 negara Uni Eropa untuk menyetujui dua mandat negosiasi sehingga pembicaraan formal dapat segera dimulai. Jerman ingin memulai sesegera mungkin, sementara Prancis enggan terlibat pembicaraan dengan Trump.

Amerika Serikat dan Eropa mengakhiri kebuntuan beberapa bulan lalu, ketika Trump setuju untuk menunda tarif impor mobil sementara kedua belah pihak berupaya meningkatkan ikatan perdagangan.

Mereka berkomitmen untuk berupaya menghapus tarif barang industri dan membahas cara-cara untuk menyepakati standar produk untuk meningkatkan perdagangan dan impor kedelai Amerika Serikat dan gas alam cair.

Sementara itu para menteri yang akan bertemu di Rumania akan menghadapi tiga pertanyaan. Yang pertama menyangkut waktu. 

Jerman, yang ekspor mobil dan onderdilnya ke Amerika Serikat bernilai lebih dari separuh dari total ekspor negara Uni Eropa lain ingin melakukan pembicaraan secepatnya. Tetapi Prancis masih ragu untuk bergerak sebelum pemilihan Parlemen Eropa dilakukan pada bulan Mei.

Pertanyaan kedua adalah apakah akan memasukkan sektor industri perikanan, yang secara teknis merupakan barang industri. Beberapa negara, seperti Perancis prihatin dengan meningkatnya persaingan di sektor ini gara-gara isu Brexit.

Pertanyaan ketiga adalah apa yang harus dilakukan tentang negosiasi kerja sama transatlantik dalam TTIP yang sudah ada sebelumnya. Kerja sama tersebut memiliki cakupan yang lebih luas. Salah satu opsi yang mengemuka adalah mengakhiri TTIP secara resmi.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×