kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.902.000   8.000   0,42%
  • USD/IDR 16.261   -20,00   -0,12%
  • IDX 7.008   64,58   0,93%
  • KOMPAS100 1.021   9,89   0,98%
  • LQ45 779   10,57   1,38%
  • ISSI 230   0,13   0,05%
  • IDX30 402   6,59   1,67%
  • IDXHIDIV20 465   9,73   2,14%
  • IDX80 115   1,19   1,05%
  • IDXV30 116   1,51   1,31%
  • IDXQ30 130   1,91   1,50%

Unilever Andalkan AI dan Influencer untuk Bikin Produk Sabun Jadi Viral


Rabu, 09 Juli 2025 / 19:25 WIB
Unilever Andalkan AI dan Influencer untuk Bikin Produk Sabun Jadi Viral
ILUSTRASI. Kinerja Penjualan: Suasana kantor pusat PT. Unilever Indonesia Tbk (UNVR) di Tangerang Selatan, Kamis (28/7/2022). Unilever memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk menggenjot strategi pemasaran berbasis influencer.


Sumber: Wall Street Journal | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  Unilever memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) untuk menggenjot strategi pemasaran berbasis influencer, dengan tujuan menjadikan produk-produk perlengkapan mandinya, seperti sabun Dove, viral di media sosial. 

Langkah ini menjadi bagian dari upaya perusahaan untuk memulihkan pertumbuhan setelah menghadapi tekanan pasar dan perubahan selera konsumen.

Menurut Chief Enterprise and Technology Officer Unilever, Steve McCrystal, perusahaan saat ini bekerja sama dengan puluhan ribu influencer dan menargetkan peningkatan hingga 10 sampai 20 kali lipat dalam setahun. 

Baca Juga: Produk Dwiguna Jadi Kontributor Terbesar Pendapatan Premi Asuransi Jiwa Februari 2025

"Influencer marketing adalah cara ampuh untuk mendorong pertumbuhan sekaligus membangun kredibilitas," ujarnya.

McCrystal mengutip data Sprout Social yang menunjukkan bahwa sekitar 50% konsumen melakukan pembelian bulanan berdasarkan konten influencer.

Strategi ini terbukti efektif, salah satunya lewat kampanye viral sabun Dove edisi Crumbl, aroma yang terinspirasi kue populer, yang mendatangkan impresi sosial lebih dari 3,5 miliar dan mencatat 52% pembeli baru bagi Dove.

Untuk mendukung perluasan kampanye ini, Unilever memanfaatkan AI guna memproduksi ribuan aset visual setiap pekan, lonjakan signifikan dibanding hanya beberapa aset tiap bulan sebelumnya. 

Aset-aset ini, seperti gambar produk dan materi promosi, kemudian dibagikan ke influencer untuk diunggah di Instagram dan TikTok.

Baca Juga: Unilever dan Nestle Bakal Menjual Bisnis Daging Nabati

Unilever juga menggunakan platform Nvidia Omniverse untuk menciptakan “kembaran digital” dari semua produknya. 

Model digital ini memuat variasi kemasan, bahasa, dan label yang bisa diproses di Gen AI Content Studios, sistem berbasis perintah milik Unilever yang diluncurkan pada 2023.

Sistem ini memungkinkan pembuatan gambar diam dan teks promosi dalam skala besar dan personal. 

AI tidak hanya mempercepat produksi konten, tetapi juga memungkinkan Unilever mendaur ulang lebih dari 100 konten influencer menjadi berbagai format dan durasi yang sesuai untuk tiap platform media sosial.

Proses ini diklaim berperan besar dalam memperluas jangkauan kampanye.

Baca Juga: Unilever Catat Penjualan Rp 35,1 Triliun di 2024, Transformasi Bisnis Buahkan Hasil

Meski saat ini masih mengandalkan influencer manusia, Unilever tak menutup kemungkinan kehadiran influencer virtual hasil AI di masa depan. 

“AI akan memengaruhi banyak aspek dalam strategi ini,” kata Ryu Yokoi, Head of Media & Marketing Capabilities Unilever Amerika Utara. “Tergantung pada merek dan konteks penggunaannya.”

Dengan strategi berbasis AI dan kolaborasi masif dengan influencer, Unilever tengah membangun pendekatan baru dalam pemasaran produk konsumer yang sebelumnya dianggap biasa-biasa saja, menjadikannya relevan dan viral di era digital.

Selanjutnya: Trend Gaya Hidup Konsumtif Anak Muda Dorong Pertumbuhan Paylater Multifinance

Menarik Dibaca: Libur Sekolah 2025, Penjualan Tiket Kereta KAI Tembus 4,42 Juta




TERBARU
Kontan Academy
[Intensive Workshop] AI-Driven Financial Analysis Executive Finance Mastery

[X]
×