Wah, makin banyak warga Amerika yang setuju dengan pemakzulan Trump

Rabu, 27 November 2019 | 10:37 WIB Sumber: Reuters
Wah, makin banyak warga Amerika yang setuju dengan pemakzulan Trump

ILUSTRASI. President Amerika Donald Trump di Biarritz, Prancis (25/8/ 2019). REUTERS/Christian Hartmann/Pool

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Dukungan publik untuk memakzulkan Presiden Amerika Serikat Donald Trump terus meningkat selama beberapa minggu terakhir. Hal ini terjadi di saat komite DPR AS mengadakan sidang pemakzulan yang disiarkan di televisi.

Menurut jajak pendapat yang dilakukan Reuters dan Ipsos menunjukkan bahwa 47% orang dewasa di Amerika Serikat merasa Trump memang harus dimakzulkan.

Baca Juga: Harga minyak turun tipis, pasar menunggu kabar OPEC

Sementara hanya 40% responden yang mengatakan ketidaksetujuannya atas pemakzulan Trump.

Bila dikombinasikan dengan poling Reuters dan Ipsos selama beberapa minggu terakhir, menunjukkan bahwa jumlah orang Amerika yang ingin memakzulkan presiden semakin melebihi jumlah warga yang menolak pemakzulan.

Tepat sebelum sidang dimulai pada 13 November lalu, jajak pendapat Reuters dan Ipsos menemukan bahwa dukungan bersih untuk pemakzulan, yang merupakan selisih antara jumlah yang mendukung pemakzulan dan jumlah yang menentang, adalah 3 poin persentase.

Rasio ini kemudian meningkat menjadi 4 poin setelah minggu pertama audiensi, dan kemudian menjadi 5 poin ketika minggu kedua audiensi dimulai. Jajak pendapat terbaru menunjukkan bahwa dukungan bersih untuk pemakzulan saat ini berada di level 7 poin.

Baca Juga: Trump: Kesepakatan dengan China semakin dekat, tapi AS juga mengawasi isu Hong Kong

Penyelidikan sendiri berpusat pada panggilan telepon pada 25 Juli di mana Trump meminta Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy untuk menyelidiki calon presiden dari Partai Demokrat, Joe Biden dan putranya, Hunter Biden.

Editor: Tendi Mahadi

Terbaru