kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jeli membaca perubahan selera konsumen (4)


Sabtu, 07 Januari 2017 / 09:10 WIB
Jeli membaca perubahan selera konsumen (4)


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Tri Adi

Pasar e-commerce berkembang kian pesat di dunia, tak terkecuali di China. Sadar betul selera konsumen dalam berbelanja, miliarder Xu Shihui menjajal kanal e-commerce untuk berjualan produk makanan dan minuman sejak 2014. Di akhir 2015, e-commerce menyumbang 0,2% dari total penjualan Dali Foods. Meski porsinya mini, Shihui terus memperkuat jaringan e-commerce dengan menggandeng situs belanja online tersohor semisal JD.com, Tmall.com dan YHD.com.

Pengalaman panjang sebagai pebisnis melahirkan insting bisnis yang tajam bagi miliarder Xu Shihui. Agar perusahaan Dali Foods terus berkembang, sebagai pendiri Shihui terus memantau langsung roda bisnis perusahaan miliknya.

Di usia 59 tahun, orang terkaya ke-20 di China ini masih bekerja 24 jam tujuh hari di Dali Foods. Masih bersentuhan dengan operasional bisnis setiap hari membuat Shihui paham betul bahwa kondisi pasar terus berubah.

Inovasi terbaru, Dali Foods merambah kanal e-commerce sebagai jalur distribusi masa depan. Hal ini sesuai dengan strategi jangka panjang Shihui yang tidak mau hanya tergantung pada jalur distribusi tradisional

Selama ini, mengutip China Daily, bisnis makanan dan minuman Dali Foods sangat bergantung pada jalur pemasaran tradisional yaitu jaringan agen. Berdasarkan laporan keuangan tahunan 2015 perusahaan tercatat  sebanyak 96% penjualan produk berasal dari jalur tradisional yaitu melalui distributor.

Hanya 3,5% penjualan dilakukan langsung melalui hipermarket dan supermarket. Sedangkan di kanal e-commerce baru menyumbang 0,2% dari total penjualan.

Meski memiliki porsi kecil, tapi Shihup paham betul bahwa e-commerce bakal menjadi jalur distribusi yang disukai konsumen masa depan. Dus, Shihui pun gencar menjaring kerja sama.

Pada 2014, Dali Foods mulai merambah pasar e-commerce lewat kerjasama dengan situs e-commerce Yihaodian atau terkenal dengan sebutan YHD.com. Kemudian, Dali Foods memperbanyak kerja sama dengan situs e-commerce lain.

Sebut saja JD.com, Tmall.com dan Sunning.com. Mengutip laman resmi perusahaan, saat ini Dali Foods telah bekerja sama dengan empat perusahaan e-commerce.




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×