kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Private equity bidik Bayer Material US$ 12,7 M


Jumat, 24 Oktober 2014 / 12:11 WIB
Private equity bidik Bayer Material US$ 12,7 M
ILUSTRASI. dok/Bio Home


Sumber: Reuters | Editor: Hendra Gunawan

LONDON. Sejumlah perusahaan pengepul modal investor atau biasa disebut private equity, tengah membidik Bayer Material Science (Bayer Material). Perusahaan yang menjadi incaran ini adalah anak usaha Bayer AG, yang memproduksi bahan material berbahan dasar polimer.

Beberapa private equity itu adalah CVC Capital Partners, Advent International, Carlyle Group, Cinven Ltd, dan KKR & Co. LP. Dua orang sumber Reuters yang mengetahui rencana ini menyebutkan, demi memboyong Bayer Material, mereka menawarkan harga pembelian senilai € 10 miliar atau setara US$ 12,7 miliar.

Ini merupakan respon terhadap rencana Bayer AG yang berniat melepas (spin off) anak usahanya itu ke pasar modal. Rencana spin off yang mulai terkuak sejak September 2014, bertujuan agar Bayer Material semakin fokus mengembangkan bisnis.

Nah, mengingat harga penawaran yang sedemikian besar, sejumlah private equity itu sepakat bergabung dalam satu wadah konsorsium. Tak tertutup kemungkinan juga, menggandeng sovereign wealth fund (SWF) dan dana pensiun.

"Semua SWF dan dana pensiun sedang dibahas," ujar salah seorang sumber yang tidak ingin disebutkan namanya, Kamis (23/10).

Bayer, Advent, Carlyle dan KKR menolak untuk berkomentar saat dikonfirmasi Reuters. Sedangkan, CVC dan Cinven tidak ingin berkomentar dalam waktu dekat. Mereka akan mengungkapkan penawarannya hingga Bayer mempublikasikan laporan keuangan tahun 2014, yang akan dirilis pada Februari 2015.

Reuters melaporkan, pada September 2014 lalu, Bayer sempat menunjuk Rothschild sebagai penasihat dalam rencana penawaran saham perdana alias initial public offering (IPO) Bayer Material. Tapi, karena pasar tidak bersahabat dalam beberapa waktu terakhir, mengurungkan niat Bayer membawa anak usahanya ke pasar modal.

Bayer pun kemudian dikabarkan mulai membuka celah bagi pemodal potensial yakni private equity, untuk masuk menjadi pemegang saham Bayer Material.

Berdasarkan catatan Reuters, dalam 12 bulan terakhir yang berakhir di Juni 2014, Bayer Material membukukan laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi sebesar € 1,2 miliar. Laba tersebut setara 14% dari total keuntungan yang dibukukan oleh Bayer AG.




TERBARU

[X]
×