6 WNI Dievakuasi dari Ukraina

Senin, 28 Februari 2022 | 13:39 WIB Sumber: Kompas.com
6 WNI Dievakuasi dari Ukraina

ILUSTRASI. Warga menyebrang perbatasan antara Polandia dan Ukraina, setelah Rusia meluncurkan operasi militer besar terhadap Ukraina, di Medyka, Polandia, Sabtu (26/2/2022).


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI melaporkan enam warga negara Indonesia (WNI) dan 1 WNA telah dievakuasi dari Ukraina ke Polandia pada hari ini. Evakuasi dilakukan melalui jalur darat.

"6 WNI dan 1 WNA (pasangan WNI) berhasil dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszow, Polandia. Mereka dalam keadaan sehat," ujar juru bicara Kemenlu RI, Teuku Faizasyah, Senin (28/2).

Sebelumnya, Kemenlu melalui KBRI juga telah mengevakuasi 25 WNI dari Odessa, provinsi di bagian selatan Ukraina, juga melalui jalur darat. Informasi terakhir yang disampaikan Kemenlu RI dalam konferensi pers, Sabtu (26/2), terdapat 153 WNI di Ukraina.

Baca Juga: Konflik Rusia-Ukraina Berdampak ke Inflasi Indonesia Lewat Transmisi Harga Minyak

Sebanyak 82 di antaranya terdapat di Ibu kota Kiev dan 13 lainnya di Kharkiv dan Chernihiv, kota-kota yang disebut sebagai medan pertempuran dengan Rusia. "Mereka dalam kondisi aman dan selamat," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (BHI) Kemenlu Judha Nugraha.

Judha berujar, pemerintah telah menyiapkan pesawat dan tim evakuasi, serta terus berkomunikasi dengan WNI dan mengimbau mereka untuk segera melaporkan diri ke KBRI guna melengkapi data-data untuk proses evakuasi lebih lanjut. Pihaknya meminta WNI untuk mengunjungi titik aman di KBRI.

Baca Juga: Ukraina Klaim 4.300 Tentara Rusia Tewas dan Terluka, Moskow Akui Ada Prajurit Gugur

Mereka yang kesulitan untuk mendapatkan transportasi menuju titik aman dapat melaporkan diri untuk dilakukan penjemputan. Judha berharap, ketika para WNI itu sudah bisa dievakuasi, mereka bukan hanya berlindung di titik safe house melainkan bisa diterbangkan ke negara tetangga yang relatif aman.

“Kami sedang mengupayakan untuk melakukan evakuasi ke Polandia maupun ke Rumania,” tutur Judha, Sabtu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul 6 WNI Kembali Dievakuasi dari Ukraina.
Penulis: Vitorio Mantalean
Editor: Sabrina Asril

Editor: Wahyu T.Rahmawati

Terbaru