kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bikin heboh, Trump dorong pendukungnya untuk mencoba memberikan suara dua kali


Jumat, 04 September 2020 / 05:36 WIB
Bikin heboh, Trump dorong pendukungnya untuk mencoba memberikan suara dua kali
ILUSTRASI. Presiden AS Donald Trump mendorong pendukungnya untuk memilih dua kali saat pemilu pada November mendatang. REUTERS/Leah Millis


Sumber: Reuters | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Presiden AS Donald Trump telah mendesak pendukungnya yang berada di medan pertempuran politik utama North Carolina untuk mencoba memberikan suara dua kali dalam pemilihan 3 November. Pertama melalui surat, dan sekali lagi secara langsung. Hal ini langsung memicu kehebohan karena sang presiden mendorong aksi potensial penipuan pemilih.

"Biarkan mereka mengirimkannya dan biarkan mereka memilih," kata Trump dalam sebuah wawancara pada Rabu dengan WECT-TV di Wilmington, North Carolina. "Dan jika sistemnya sebaik yang mereka katakan, maka jelas mereka tidak akan dapat memilih secara langsung."

Reuters memberitakan, Trump telah berulang kali menegaskan, meski tanpa bukti, bahwa pemungutan suara melalui surat akan meningkatkan penipuan dan mengganggu pemilihan November. Padahal para ahli mengatakan, kecurangan dalam bentuk apa pun sangat jarang terjadi di Amerika Serikat.

Anjuran Trump kepada pendukungnya memicu kehebohan, karena memberi suara lebih dari sekali dalam pemilihan umum adalah tindakan ilegal. Di beberapa negara bagian, termasuk North Carolina, aksi memberikan suara lebih dari sekali atau membujuk orang lain untuk melakukannya merupakan tindakan kejahatan.

Baca Juga: Serangan Joe Biden: Saya ingin Amerika aman dari Donald Trump

Melansir Reuters, Jaksa Agung Negara Bagian Josh Stein, seorang Demokrat, menulis di Twitter bahwa presiden Republik telah  mendorong warga North Carolina untuk melanggar hukum dan memicu kekacauan dalam pemilihan umum.

Stein menulis: “Pastikan Anda memilih, tapi JANGAN memberikan suara dua kali! Saya akan melakukan segala daya saya untuk memastikan keinginan rakyat ditegakkan di bulan November."

Baca Juga: Donald Trump: Joe Biden jadi presiden, Amerika bakal kacau dan rusuh

Tim kampanye Trump dan Gedung Putih kemudian membantah bahwa dia bermaksud memberi tahu pendukungnya untuk memilih dua kali.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×