kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bill Gates ungkap ketakutan terbesarnya, apakah itu?


Selasa, 05 November 2019 / 12:15 WIB
Bill Gates ungkap ketakutan terbesarnya, apakah itu?
ILUSTRASI. Ilustrasi: William Henry 'Bill' Gates III. Sumber foto : gds.it

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Siapa tidak kenal Bill Gates? Pendiri Microsoft ini tak hanya dikenal cerdas dan inovatif yang membuatnya bertengger selama bertahun-tahun sebagai orang terkaya di dunia, namun juga peduli pada sesama. Bahkan, Netflix pun meluncurkan seri dokumenter terbaru berjudul Inside Bill's Brain.

Dokumenter ini membahas kecerdasan Gates, yang menciptakan perangkat lunak komputer yang digunakan di seluruh dunia. Dilansir dari Inc, Selasa (5/11/2019), dengan kecerdasannya, Gates pun membantu sesama melalui lembaga filantropi yang didirikannya.

Tak tanggung-tanggung, ia pun menyumbangkan separuh kekayaannya untuk kegiatan amal. Namun, ada satu hal yang menjadi ketakutan Gates yang diungkapnya dalam dokumenter tersebut. Apa itu?

Baca Juga: Tips sukses dari Miliarder Ray Dalio pendiri hedge fund terbesar di dunia

"Saya tidak ingin otak saya berhenti bekerja," kata Gates.

Memang, ada kondisi medis di mana otak manusia dapat berhenti bekerja, yakni penyakit Alzheimer. Penyakit ini dapat menyebabkan pengecilan fungsi otak seseorang. Barangkali ini yang dimaksud oleh Gates. Namun, kondisi ini bisa diartikan secara tersirat, yakni jika tak digunakan secara produktif, maka otak pun berkurang fungsinya.

Nah, Anda pun bisa meniru Gates terkait hal-hal yang dilakukan untuk mencegah otak berhenti bekerja. Berikut ini beberapa contohnya. Belajar Menurut salah satu pegawai Gates di Microsoft, bukan hal yang tak mungkin bahwa Gates membaca hingga 14 buku ketika liburan.

Baca Juga: Amazon ancam dominasi Google di bisnis periklanan

Sang pegawai juga menyebut Gates membaca minimal 150 halaman per jam. Sebagian orang memang tak diberkahi kemampuan luar biasa itu. Akan tetapi, hal ini tak boleh menghentikan kita mempelajari hal-hal baru. Selain membaca, Anda dapat memperkaya pengetahuan dengan mengikuti seminar atau kursus online. Pun tak mesti pengetahuan terkait pekerjaan, Anda bisa pula menambah pengetahuan semisal mempelajari alat musik atau bahasa asing.

Sebab, perlu diingat bahwa ide-ide terbaik berasal dari paduan inspirasi dan informasi, tak peduli dari mana sumbernya. Salah satu cara penting agar otak Anda tetap bekerja adalah melatih hal yang Anda dapat lakukan dengan baik.

Baca Juga: Bill Gates sempat rebut gelar orang terkaya dunia dari Bos Amazon Jeff Bezos

Berlatih dapat membantu Anda melakukan sesuatu dengan lebih baik. Berlatih pun dapat menciptakan pola dan mendongkrak memori. Artinya, ketika Anda melakukan sesuatu dengan lebih baik, maka ini akan menjadi otomatis dan Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mempelajari hal lain. Inovasi Gates memang merupakan salah satu inovator terbaik di generasinya.

Salah satu warisannya yang akan paling diingat adalah menemukan cara lebih baik untuk melakukan hal penting. Anda memang tak perlu melakukan hal-hal luar biasa seperti yang dilakukan Gates, namun Anda bisa berinovasi dengan berangkat dari pertanyaan pada diri sendiri, "Bagaimana hal ini bisa lebih baik?"

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bill Gates Ungkap Ketakutan Terbesarnya, Apa Itu? "
Penulis : Sakina Rakhma Diah Setiawan
Editor : Sakina Rakhma Diah Setiawan




TERBARU

Close [X]
×