kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Inflasi Melambung, Bank Sentral Global Bersiap Naikkan Suku Bunga


Minggu, 10 Juli 2022 / 13:24 WIB
Inflasi Melambung, Bank Sentral Global Bersiap Naikkan Suku Bunga
ILUSTRASI. Bank sentral global diperkirakan akan terus mengerek suku bunga seiring kenaikan inflasi. REUTERS/Leah Millis


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Bank sentral global diperkirakan akan terus mengerek suku bunga. Bank Sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (The Fed) misalnya, akan melanjutkan kenaikan suku bunga untuk mengendalikan permintaan serta menekan inflasi. 

Washington Post pada Minggu (10/7) melaporkan, kenaikan tersebut sejalan dengan pertumbuhan lapangan kerja dan penurunan tingkat pengangguran di AS pada level terendah dalam 50 tahun terakhir. 

Berdasarkan laporan Ketenagakerjaaan AS, ada tambahan hampir 400.000 lapangan kerja di Amerika pada Juni 2022. Kenaikan tersebut menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja di Amerika semakin ketat. 

Dengan kondisi tersebut, The Fed akan kembali menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin pada bulan ini. Sebab resesi diperkirakan akan terus meningkat yang membuat sektor rumah tangga dan bisnis semakin khawatir. 

Baca Juga: Inflasi Membumbung, Fitch Gunting Peringkat Utang Turki

Kenaikan serupa akan terjadi di negara-negara lain seperti Hungaria dan Pakistan untuk menekan kenaikan harga. Bahkan Hungaria menaikkan hingga 200 basis poin dan Pakistan 125 basis poin.

Jerman sedang mempertimbangkan untuk mengesampingkan batas pinjaman yang ketat tahun depan jika Rusia menghentikan pengiriman gas alam.

Bahkan ada kesepakatan diam-diam antara anggota kabinet koalisi Kanselir Olaf Scholz jika Berlin tidak dapat mempertahankan rencana fiskal dalam keadaan darurat. 

Sebab, Presiden Rusia Vladimir Putin menutup sementara pipa Nord Stream 1 untuk pemeliharaan tahunan. Hal ini sebagai alasan untuk menghentikan aliran gas ke Jerman untuk jangka waktu yang lebih lama.

Sedangkan di Inggris, ekspektasi untuk inflasi, harga output dan kenaikan upah telah meningkat berdasarkan survei Bank of England. Kondisi ini semakin menegaskan pembuat kebijakan untuk menaikkan suku bunga yang lebih besar dalam beberapa bulan mendatang. 

Di sisi lain, tekanan biaya hidup yang semakin intensif akan mengaburkan prospek ekonomi di Prancis, dan akan kembali memicu kerusuhan selama masa jabatan pertama Macron dengan apa yang disebut dengan gerakan rompi kuning.

Sementara di Jepang, tingkat konsumsi rumah tangga melemah pada Mei 2022 untuk pertama kalinya dalam tiga bulan sebagai tanda bahwa pemulihan ekonomi terbukti lebih lemah dari yang diperkirakan sebelumnya.

Tak berbeda, ekonomi China juga menyusut pada kuartal kedua untuk pertama kalinya sejak 2020, menempatkan statistik resmi negara di bawah pengawasan baru karena analis bertaruh bahwa pemerintah tidak akan mengakui kemerosotan tersebut. 

Baca Juga: Wall Street Menguat di Pekan Ini, Nasdaq Melesat Paling Tinggi

Kementerian Keuangan China sedang mempertimbangkan untuk mengizinkan pemerintah daerah menjual 1,5 triliun yuan (US$ 220 miliar) obligasi khusus pada paruh kedua tahun ini, Hal ini untuk mempercepat pendanaan infrastruktur yang belum pernah terjadi sebelumnya yang bertujuan menopang ekonomi negara yang terkepung.

Inflasi ritel Thailand juga dipercepat pada bulan Juni ke level tertinggi baru dalam 14 tahun, sehingga mendorong bank sentral untuk menaikkan biaya pinjaman lebih cepat daripada sebelumnya. 

Inflasi yang lebih cepat menambah kasus bagi ekonomi terbesar kedua di Asia Tenggara ini untuk bergabung dengan bank sentral di seluruh dunia dalam pengetatan pengaturan kebijakan demi mengendalikan kenaikan harga.




TERBARU

[X]
×