kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45887,73   13,33   1.52%
  • EMAS1.365.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketegangan Meningkat! Moskow Salahkan AS Atas Kematian Anak-Anak dan Perempuan Rusia


Jumat, 07 Juni 2024 / 16:18 WIB
Ketegangan Meningkat! Moskow Salahkan AS Atas Kematian Anak-Anak dan Perempuan Rusia
ILUSTRASI. Prajurit?Angkatan Bersenjata Ukraina membawa senjata selama latihan militer di tempat penembakan di wilayah Donetsk, Ukraina, Selasa (15/2/2022). General Staff of the Ukrainian Armed Forces/Handout via REUTERS


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  ST PETERSBURG. Tensi antara Rusia dan Amerika Serikat (AS) mencapai titik tertinggi baru setelah Rusia menuduh bahwa senjata roket yang dipasok oleh AS telah digunakan  Ukraina untuk menyerang wilayah selatan Rusia, mengakibatkan kematian perempuan dan anak-anak.

Dalam sebuah pernyataan yang mengejutkan, Moskow menyalahkan Washington atas tragedi ini, menegaskan ketegangan yang sudah tegang antara kedua negara.

Pertama kalinya dalam sejarahnya, Rusia secara terbuka menuduh AS atas kematian warga sipil di wilayahnya sendiri. 

Baca Juga: AS Menguji Rudal Hipersonik, Bisa Menjangkau Moskow dalam 30 Menit

Tuduhan ini muncul setelah peringatan keras dari Presiden Vladimir Putin, yang menegaskan bahwa Barat sedang mempertaruhkan konflik global dengan membiarkan Ukraina menggunakan senjata yang dipasok oleh negara-negara Barat.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia, Maria Zakharova, mengungkapkan bahwa serangan itu terjadi pekan lalu di wilayah Belgorod, tak lama setelah AS memberi izin kepada Ukraina untuk menggunakan senjata yang dipasok oleh AS untuk mempertahankan wilayah Kharkiv, yang berdekatan dengan Belgorod. 

Antony Blinken, Menteri Luar Negeri AS, mengonfirmasi bahwa Presiden Joe Biden telah menyetujui langkah ini, namun AS tetap melarang Ukraina menggunakan senjata AS lebih jauh ke Rusia.

Baca Juga: Biden: Senjata AS Tak Diizinkan untuk Digunakan Serang Moskow dan Kremlin

Zakharova menegaskan bahwa pernyataan AS yang memberi lampu hijau untuk serangan semacam itu setara dengan pengakuan atas pembunuhan anak-anak dan perempuan di wilayah Belgorod.

Namun, Reuters tidak dapat memverifikasi pernyataan tersebut secara independen, dan belum ada tanggapan langsung dari Ukraina atau AS.

Meskipun Zakharova tidak menampilkan bukti fisik dari pecahan roket, dia menekankan bahwa pecahan HIMARS (roket) akan menjadi bukti langsung dari serangan tersebut.

Dalam beberapa pekan terakhir, Putin telah memperingatkan bahwa Barat berisiko memicu konflik global jika terlibat lebih jauh dalam perang Ukraina.

Baca Juga: Ketegangan Meningkat! Rusia Bakal Kirim Kapal Perang ke Karibia, Ada Apa?

Dalam sebuah sambutan kepada editor asing pada hari Rabu, ia mempertegas bahwa Rusia memiliki hak untuk memasok senjata kepada musuh-musuh Barat sebagai tanggapan yang "simetris" terhadap tindakan Barat yang mempersenjatai Ukraina.

Tuduhan ini menambah lapisan baru pada ketegangan yang sudah tegang antara Rusia dan AS serta sekutu-sekutunya, dan menimbulkan pertanyaan tentang masa depan hubungan internasional yang semakin kompleks.




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×