kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45897,29   -29,44   -3.18%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketidakpastian Meningkat, Fitch Pangkas Prospek Peringkat Surat Utang China


Rabu, 10 April 2024 / 16:39 WIB
Ketidakpastian Meningkat, Fitch Pangkas Prospek Peringkat Surat Utang China
ILUSTRASI. A man wearing a face mask following the coronavirus disease (COVID-19) outbreak walks past Chinese national flags set up ahead of Chinese National Day on October 1, in Beijing, China September 28, 2020. REUTERS/Tingshu Wang


Sumber: Reuters | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Lembaga pemeringkat kredit Fitch memangkas prospek peringkat surat utang China menjadi negatif pada hari Rabu (10/4). Hal ini disebabkan oleh meningkatnya risiko terhadap keuangan publik karena adanya ketidakpastian dalam peralihan menuju model pertumbuhan baru.

Langkah penurunan peringkat ini menyusul keputusan serupa yang diambil oleh Moody's pada bulan Desember lalu. Ini terjadi ketika Beijing sedang mengupayakan pemulihan ekonomi pasca-Covid yang lemah, di negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia, melalui langkah-langkah fiskal dan moneter.

Gary Ng, ekonom senior dari Natixis Asia-Pasifik, menyatakan bahwa revisi prospek oleh Fitch mencerminkan situasi keuangan publik China yang semakin menantang akibat perlambatan pertumbuhan dan peningkatan utang. 

Baca Juga: Risiko Anggaran Pemerintah Meningkat, China Alami Penurunan Outlook Peringkat Utang

Meskipun demikian, hal ini tidak berarti Tiongkok akan gagal bayar dalam waktu dekat, namun bisa menyebabkan polarisasi kredit di beberapa lembaga pembiayaan pemerintah daerah (LGFV), terutama di tingkat provinsi.

Fitch memperkirakan utang pemerintah pusat dan daerah China akan terus meningkat, mencapai 61,3% dari produk domestik bruto (PDB) pada tahun 2024. 

Ini adalah penurunan yang signifikan dari 38,5% pada tahun 2019. Penurunan properti yang berkepanjangan telah menimbulkan beban tambahan bagi pemerintah daerah yang terjebak dalam utang karena pendapatan mereka menurun.

Sementara itu, lembaga pemeringkat memperkirakan defisit pemerintah China secara umum akan terus meningkat, mencapai 7,1% PDB pada tahun 2024. Hal ini terutama disebabkan oleh infrastruktur dan aktivitas fiskal lain di luar anggaran utama, yang tertinggi sejak tahun 2020.

Baca Juga: Fitch Pangkas Prospek Surat Utang China Menjadi Negatif

Meskipun Fitch menurunkan prospeknya menjadi negatif, peringkat default emiten Tiongkok tetap tinggi, yaitu 'A+'. Hal ini sejalan dengan penilaian S&P yang juga memberi peringkat A+ kepada Tiongkok.

Fitch memperkirakan pertumbuhan ekonomi China akan melambat menjadi 4,5% pada tahun 2024 dari 5,2% tahun sebelumnya. Namun, ada tanda-tanda perbaikan dalam perekonomian Tiongkok, seperti output pabrik dan penjualan ritel yang melampaui perkiraan pada awal tahun.

Meskipun demikian, risiko terhadap prospek keuangan publik China tetap tinggi karena negara tersebut sedang menghadapi ketidakpastian dalam transisi menuju model pertumbuhan yang lebih berkelanjutan. 

Rencana pemerintah untuk mengurangi defisit anggaran menjadi 3% dari output perekonomian dan menerbitkan obligasi negara khusus jangka panjang senilai 1 triliun yuan bertujuan untuk mengatasi sebagian dari tantangan ini.

Baca Juga: Merespons Penurunan Rating Utang AS oleh Fitch Harga Minyak Turun, Stok di AS Merosot

Namun demikian, rasio utang terhadap PDB China mencapai rekor baru pada tahun 2023, menunjukkan perlunya langkah-langkah lebih lanjut dalam mengelola utang yang tinggi untuk menghindari risiko yang lebih besar di masa depan.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×