kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menjadi tokoh inspirasi perempuan India (2)


Rabu, 05 Juli 2017 / 13:19 WIB
Menjadi tokoh inspirasi perempuan India (2)


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

Pepatah mengatakan, gantungkanlah cita-citamu setinggi langit. Kiran Mazumdar-Shaw memang punya cita-cita menjadi dokter. Namun karena keterbatasan dana, wanita berkebangsaan India ini pun mengikuti nasihat sang ayah, menjadi ahli peramu minuman beralkohol. Studi bidang ilmu fermentasi pun dilakoninya, jauh dari negeri asalnya, yakni di Australia. Pada bidang tersebut, Kiran ternyata menjadi sangat mumpuni. Dia pun kebanjiran tawaran pekerjaan.

Kiran Mazumdar-Shaw adalah salah satu contoh perempuan sukses di India. Namanya masuk jajaran miliarder negeri tersebut. Mesin uangnya dari perusahaan biofarmasi dan bioteknologi bernama Biocon Ltd.

Merintis usaha dari bawah, menambah spesial status miliarder yang disandang wanita berusia 64 tahun itu. Tidak heran jika ia dianggap sebagai salah satu tokoh perempuan paling menginspirasi.

Perjalanan hidup Kiran awalnya terlihat biasa saja. Sejak remaja, Kiran menyukai bidang biologi dan bercita-cita menjadi seorang dokter.

Pekerjaan sang ayah sebagai seorang ahli pembuat minuman beralkohol di Unuted Breweries, Bangalore India, hanya sedikit membantu kebutuhan finansial Kiran untuk menggapai cita-citanya. Mau tak mau, Kiran membutuhkan bantuan beasiswa untuk bisa melanjutkan studi.

Namun Tuhan punya rencana lain. Kiran harus mengubur mimpinya menjadi tenaga medis, karena tak mendapatkan beasiswa.

Sang ayah lantas membujuk putrinya tersebut mendalami dunia yang sama dengan dirinya, yaitu menjadi ahli pembuat minuman beralkohol. Kiran disarankan mengambil pendidikan di bidang ilmu fermentasi.

Lantaran tak lagi memiliki banyak pilihan, nasihat sang ayah pun diamini. Pada tahun 1974, dia pergi ke Australia untuk belajar ilmu fermentasi di Ballarat Collage. Di kelas, Kiran menjadi satu-satunya pelajar putri.

Siapa sangka, bakat terpendam Kiran justru terasah. Dia merupakan mahasiswa dengan nilai tertinggi di kelasnya. Setelah lulus, Kiran pun mendapat beberapa tawaran pekerjaan sekaligus di sejumlah perusahaan minuman beralkohol.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×