kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Perempuan India tertajir berkat bisnis insulin (1)


Selasa, 04 Juli 2017 / 16:01 WIB
Perempuan India tertajir berkat bisnis insulin (1)


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tri Adi

Kiran Mazumdar-Shaw berhasil membuktikan diri di panggung bisnis dunia yang didominasi kaum adam. Kiran adalah perempuan paling kaya di India yang menguasai bisnis bioteknologi dan biofarmasi. Pundi-pundi harta Kiran mencapai US$ 2,1 miliar. Harta berlimpah ini bersumber dari perusahaan Biocon yang dia dirikan sejak 1978. Di bisnis insulin, Biocon merupakan penguasa pasar di India. Di pasar global, Biocon menguasai 10% dari total market share insulin.

Hanya segelintir perempuan yang berhasil masuk deretan miliarder dunia. Namun, sejumlah perempuan ini berhasil menaklukkan dunia bisnis dengan jalan hidup yang layak untuk disimak.

Salah satunya adalah kisah sukses Kiran Mazumdar-Shaw. Kiran merupakan miliarder perempuan paling tajir asal India yang berusia 64 tahun. Kiran adalah pendiri Biocon Limited.

Di bidang bioteknologi dan biofarmasi, nama Biocon sangat tersohor dan merupakan salah satu penguasa pasar. Perusahaan yang berbasis di Bangalore, India ini berdiri sejak 1978.

Forbes mengalkulasi kekayaan Kiran telah menembus angka US$ 2,1 miliar per Juli 2017. Tumpukan kekayaan sebesar itu menempatkannya sebagai orang terkaya urutan ke-65 di India.

Selain kaya raya, Kiran juga disebut-sebut sebagai salah satu perempuan paling berpengaruh di bidang farmasi di kawasan Asia. Kesuksesan yang didapat oleh Kiran tak lepas dari besarnya pasar yang dinikmati oleh Biocon. Biocon merupakan produsen insulin terbesar di pasar Asia. Di pasar dunia, Biocon menguasai 10% market share insulin.

Mengokohkan diri di pasar insulin, akhir tahun lalu, Biocon meluncurkan insulin pen sekali pakai (disposable). Produk anyar ini hasil kongsi dengan Fujifilm Pharma.

Saat ini, Biocon memiliki dua fasilitas utama di India. Pertama adalah fasilitas riset dan pengembangan yang berlokasi di Bangalore. Sementara kedua adalah fasilitas produksi bahan aktif farmasi generik di Hyderabad.

Selain berjaya di pasar insulin, produk Biocon banyak dipakai untuk sejumlah penyakit populer. Di antaranya produk di bidang diabetologi, kardiologi, nefrologi, hingga onkologi.




TERBARU

[X]
×