kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 2.305.000   6.000   0,26%
  • USD/IDR 16.605   26,00   0,16%
  • IDX 8.232   -25,87   -0,31%
  • KOMPAS100 1.124   -3,99   -0,35%
  • LQ45 791   -2,70   -0,34%
  • ISSI 295   -0,04   -0,01%
  • IDX30 413   -2,46   -0,59%
  • IDXHIDIV20 464   -3,53   -0,76%
  • IDX80 124   -0,30   -0,24%
  • IDXV30 133   -0,74   -0,56%
  • IDXQ30 129   -0,41   -0,32%

Penjualan Mobil China di September Meningkat Didorong Musim Subsidi Tukar Tambah


Senin, 13 Oktober 2025 / 12:29 WIB
Penjualan Mobil China di September Meningkat Didorong Musim Subsidi Tukar Tambah
ILUSTRASI. Negara : China;Jumlah Penduduk : 1,38 miliar jiwa;Jumlah kendaraan : 78 juta unit;Merek mobil diproduksi : Chery, Geely, Hafei, Jianghuai, Chang'an, Great Wall, dan merek lainnya seperti Volkswagen, General Motors , Hyundai, Nissan, Honda dan ToyotaJumlah Produksi : 24.503.326 unit ( Mobil penumpang: 21.079.427 unit, mobil komersil:3.423.899 unit);Keterangan : - Tahun 1931 Zhang Xueliang membuat sebuah truk bernama Ming Sheng. Tahun 1956 Pabrik Mobil Modern pertama First Automobile Works mulai berproduksi. Tahun 1992 Cina memproduksi 1 juta mobil. Tahun 2009 memproduksi 13,79 juta mobil, di mana 8 juta adalah mobil penumpang (Sedan, SUV, MVP), dan 3,41 juta adalah kendaraan komersial (bis, truk, dan traktor). ;- Pasar dalam negeri Cina 44.3% dikuasai oleh merk lokal (BYD, Lifan, Chang’an (Chana), Geely, Chery, Hafei, Jianghuai (JAC), Great Wall, Roewe, Martin Motors, dan lainnya). Sisanya diproduksi bersama dengan pembuat mobil luar negeri seperti Volkswagen, General Motors, Hyundai, Nissan, Honda, Toyota, dan sebagainya. Sebagian besar dipakai di Cina. “Hanya” 369.600 mobil yang diekspor ke luar negeri. Cina juga mampu membuat mobil tanpa pengemudi Hongqi HQ3 yang dapat melaju dengan kecepatan 130 km/jam. Mobil ini dibuat oleh China’s First Auto Works.;- Beberapa pabrikan otomotif Cina dituduh mengkopi desain mobil perusahaan lainnya. Mobil buatan BYD mirip dengan mobil buatan pabrikan lainnya seperti Lexus, Toyota, Honda, Mercedes Benz, dan Porsche. Lalu ada Chery QQ yang nyontek Daewoo Matiz generasi pertama. Fiat mengklaim Great Wall Peri (Jing Ling di China), sebagai tiruan dari Fiat Panda generasi kedua mereka. Dan masih banyak lagi gugatan fabrikan mobil lain yang menuduh perusahaan China menjiplak mobil buatan mereka. ;Sumber foto : yanglao99.cn


Sumber: Reuters | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - BEIJING. Penjualan mobil di China meningkat tajam pada September. Bulan tersebut dikenal sebagai musim puncak penjualan otomotif, seiring para dealer dan konsumen memanfaatkan subsidi tukar tambah sebelum semakin banyak pemerintah daerah menghentikan program insentif tersebut.

Data Asosiasi Mobil Penumpang China alias China Passenger Car Association (CPCA) yang dirilis Senin (13/10) menunjukkan penjualan mobil domestik naik 6,6% secara tahunan menjadi 2,27 juta unit, meningkat dibandingkan Agustus 2025 yang naik 4,9%.

Penjualan kendaraan listrik (EV) dan mobil hybrid mencatat pertumbuhan signifikan, mencakup 57,2% dari total penjualan, naik 15,5% dibandingkan tahun sebelumnya jauh lebih tinggi dari pertumbuhan pada Agustus 2025 sebesar 7,5%.

Di China, bulan September sering disebut sebagai "Golden September" karena periode ini pabrikan mobil berlomba meluncurkan model baru dan konsumen kembali ke showroom setelah musim panas yang panas dan lesu.

Baca Juga: Ekspansi Gerai Makanan dan Minuman China Meningkat Dua Kali Lipat di Singapura

Subsidi tukar tambah yang diberikan pemerintah daerah mendorong penjualan di paruh pertama tahun ini. Namun, kini insentif tersebut mulai menyusut karena keterbatasan anggaran. Provinsi Jiangsu di timur dan wilayah Guangxi di barat daya termasuk yang lebih dulu mengumumkan penghentian program subsidi pada September. Kota-kota seperti Wenzhou dan Hangzhou di Provinsi Zhejiang juga mengikuti pada bulan Oktober.

Pertumbuhan penjualan juga didukung peningkatan stok di tingkat dealer. Menurut data Asosiasi Dealer Mobil China, total stok kendaraan mencapai 3,04 juta unit pada akhir September, naik dari 2,6 juta unit pada bulan sebelumnya.

Namun, lonjakan stok ini memicu kekhawatiran. Cui Dongshu, Sekretaris Jenderal CPCA, pekan lalu menyerukan kebijakan finansial untuk mendukung dealer yang mengalami kerugian karena tekanan dari pabrikan yang terus mendorong distribusi kendaraan baru di tengah permintaan yang lemah.

Pemimpin pasar BYD mencatat penurunan penjualan bulanan pertamanya sejak Februari 2024 dan juga mengurangi produksi. Pangsa pasar BYD di dalam negeri turun menjadi 14% pada September, dari 18% pada periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Ekspor Tanah Jarang China Anjlok Tajam pada September

Sebaliknya, produsen lokal seperti Geely, Leapmotor, Xpeng, dan pendatang baru Xiaomi membukukan penjualan tertinggi sepanjang sejarah mereka, melampaui BYD dalam pertumbuhan.

Sementara itu, Tesla, yang mengekspor 19.287 unit kendaraan listrik buatan China pada September, mengalami penurunan penjualan domestik sebesar 0,9% dibandingkan tahun lalu memperpanjang tren negatif selama tiga bulan berturut-turut.

Meskipun tekanan di pasar domestik, ekspor mobil China tetap tumbuh, dengan kenaikan 20,7% pada September, sedikit meningkat dari 20,2% pada Agustus, menurut data CPCA.

Selanjutnya: Dibatasi, Ekspor Tanah Jarang China Turun 31% di Bulan September 2025

Menarik Dibaca: Harga Emas Ukir Rekor Tertinggi Baru, Lampaui US$ 4.065 per troi ons




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Pre-IPO : Explained

[X]
×