Reporter: Syamsul Ashar | Editor: Syamsul Azhar
KONTAN.CO.ID - Produk-produk global mulai berduyun-duyun masuk pasar China. Mereka mulai melihat pasar china kembali bergairah setelah terpaan krisis akibat pandemi corona sejak akhir tahun lalu.
Hal ini terlihat dari partisipasi produk global dalam festifal belanja yang digelar oleh Alibaba Group yakni Tmall. Tmall merupakan platform e-commerce premium Business to Customer (B2C) dari Alibaba.
Pekan ini mereka memulai mereka Festival Belanja Tengah Tahun 6.18. Festifal belanja ini untuk menggenjot konsumsi pasar China, serta membantu merek-merek global untuk memanfaatkan tren dan perilaku baru konsumen pasca pandemi Covid-19.
Baca Juga: Indonesia memompa anggaran demi memacu harapan pertumbuhan saat new normal
Jumlah merek yang berpartisipasi pada festival belanja tahunan ini meningkat dua kali lipat dibandingkan acara yang sama tahun lalu.
Hasilnya, dalam 10 jam pertama sejak dimulai, total Gross Merchandise Volume (GMV) meningkat 50% dari periode yang sama tahun lalu.
"Konsumsi online pasca pandemi telah mengalami pemulihan sejak bulan Maret 2020, dan angka penjualan di Taobao dan Tmall melambung. Ini merupakan hal yang menggembirakan," kata Liu Bo, Vice President of Alibaba Group and General Manager of Tmall and Taobao Marketing and Operations.
Baca Juga: Jam berjemur yang baik rekomendasi BMKG Kamis(4/6) ini agar sinar matahari rendah UV
Pandemi global telah menghambat pergerakan ekonomi dunia dan berdampak pada perilaku konsumsi waga China. Namun, studi terbaru McKinsey melaporkan adanya proyeksi pemulihan ekonomi dan perkiraan peningkatan konsumsi di China.
Alibaba Group melihat pembatasan perjalanan internasional menjadikan Tmall Global sebagai pintu utama bagi merek internasional untuk mengakses pasar China.
Baca Juga: Sah! Pemerintah mengakui Partai Gelora yang didirkan Anis Matta dan Fahri Hamzah cs
Hasilnya sebanyak lebih dari 25.000 merek dari 92 negara dan wilayah yang menawarkan lebih dari 400.000 produk baru berpartisipasi di Festival Belanja Tengah Tahunan.
SELANJUTNYA>>>
Dari deretan merek golbal tersebut ada dua merek asal Indonesia. Pertama Ellips yakni produk perawatan rambut dari Kino Indonesia. Kedua produk makanan yakni sarang burung Xiao Niao.
Alibaba Group melaporkan, jumlah merek baru yang berpartisipasi dari Tmall Global meningkat 64% dari tahun ke tahun.
Hampir 180 merek mewah berpartisipasi tahun ini, jumlahnya hampir dua kali lipat dari 11.11 Global Shopping Festival tahun 2019.
Baca Juga: Wajah Anggaran Negara Berubah Total
Misalnya merek Burberry, Montblanc, Cartier dan Michael Kors menawarkan produkproduk edisi khusus Festival Belanja Tmall 6.18.
Sementara Coach, MCM, dan Theory turut berpartisipasi dalam kampanye ini untuk pertama kalinya dan baru saja meluncurkan butik online mereka di Tmall Luxury Soho.
Apple menawarkan promosi khusus untuk berbagai produk secara eksklusif melalui toko andalannya di Tmall, termasuk iPhone 11. GMV penjualan iPhone melampaui RMB 500 juta dalam lima jam pertama kampanye Festival Belanja 6.18.
Baca Juga: Ini jajaran pengurus Partai Gelora yang didirikan Anis Matta dan Fahri Hamzah cs
Beberapa negara dan wilayah memiliki penawaran khusus di online flagship storenya, termasuk Thailand, Malaysia, Singapura, Chile, dan Rusia yang akan menawarkan makanan segar impor dan hidangan khas mereka.
Sementara Belanda dan kota Hokkaido, Jepang akan membuka flagship store di Tmall bulan Juni 2020.