kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selandia Baru Bersitegang dengan Kanada Terkait Sengketa Perdagangan Susu


Senin, 07 November 2022 / 12:44 WIB
Selandia Baru Bersitegang dengan Kanada Terkait Sengketa Perdagangan Susu
ILUSTRASI. Kanada dinilai tidak memenuhi janji yang dibuat berdasarkan perjanjian perdagangan bebas Trans-Pasifik 2018 . REUTERS/Alex Gallardo (UNITED STATES - Tags: ANIMALS AGRICULTURE HEALTH BUSINESS)


Sumber: Channelnewsasia.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - WELLINGTON. Menteri perdagangan Selandia Baru menuduh Kanada pada Senin (7 November) telah melakukan penguncian terkait ekspor susu yang akan diselesaikan oleh panel independen.

Menteri Pertumbuhan Ekspor dan Perdagangan Selandia Baru Damien O'connor mengatakan Kanada tidak memenuhi janji yang dibuat berdasarkan perjanjian perdagangan bebas Trans-Pasifik 2018 untuk mengizinkan produk susu masuk ke Kanada.

"Ini berdampak pada eksportir Selandia Baru, yang tetap secara efektif terkunci dari pasar Kanada," kata O'Connor dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga: Selandia Baru Tingkatkan Perlindungan di Perbatasan Terhadap Penyakit Mulut dan Kuku

Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik ditandatangani pada tahun 2018 oleh Kanada, Selandia Baru dan sembilan negara lain di kawasan Asia-Pasifik.

Selandia Baru pertama kali mengatakan pada bulan Mei bahwa mereka memiliki daging sapi dengan administrasi kuota tarif tarif Kanada untuk memungkinkan produk susu diimpor dengan pajak impor yang lebih rendah.

Selandia Baru memulai proses penyelesaian sengketa terhadap Kanada atas hilangnya akses pasar susu bernilai sekitar US$ 40 juta selama dua tahun yang "tidak menyelesaikan masalah", kata O'Connor.

"Selandia Baru telah membuat keputusan untuk meminta pembentukan panel untuk mendengar dan memutuskan perselisihan tersebut," katanya.

Baca Juga: Tunduk pada WTO, omnibus law ancam kedaulatan pangan nasional

Belum ada tanggapan resmi dari perwakilan Kanada. Pejabat diplomatik di Wellington mengatakan tanggapan harus datang dari Ottawa.

Pemerintah di Wellington menginginkan tiga ahli di panel netral, yang dipilih oleh Kanada dan Selandia Baru, untuk menyelesaikan perselisihan.

Ekspor susu global menyumbang 10,96 miliar dolar AS terhadap ekonomi Selandia Baru pada 2021 yang merupakan sekitar 23 persen dari total ekspor.




TERBARU

[X]
×