kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Tak sampaikan laporan tahunan, China selidiki pelanggaran di lima perusahaan


Minggu, 12 Mei 2019 / 09:46 WIB

Tak sampaikan laporan tahunan, China selidiki pelanggaran di lima perusahaan

KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Otoritas bursa China tengah menyelidikan lima perusahaan terdaftar di bursa efek karena diduga melakukan pelanggaran dengan tidak mempublikasikan laporan keuangan tahunan sesuai ketentuan. Hal ini diungkapkan oleh Komisi Pengaturan Sekuritas China (CSRC).

Mengutip Reuters, Sabtu (12/5) penyelidikan ini merupakan upaya untuk membenahi bisnis di sektor korporasi secara luas ketika otoritas berjanji untuk membuka perdagangan di pasar modal di tengah meningkatnya gesekan perdagangan antara China-Amerika Serikat (AS).


Kelima perusahaan yang tengah diselidiki adalah ShangHai ZhongYiDa Co Ltd, Xinjiang Yilu Wanyuan Industrial Investment Holding Co., Zhejiang Great Southeast Co Ltd, produsen vaksin Changsheng Bio-technology Co Ltd dan Chengdu Huaze Cobalt & Nikel Material Co Ltd.

Menurut situs CSRC, perdagangan saham lima perusahaan tersebut telah ditangguhkan karena dalam proses penyelidikan. Seperti diketahui, laporan tahunan perusahaan merupakan bagian penting untuk memberikan informasi terbuka bagi masyarakat, dan investor ketika mereka mengambil keputusan dalam berinvestasi.

CSRC akan bersikap tegas terhadap berbagai jenis pelanggaran mengenai transparansi informasi. Hal ini dianggap mendesak bagi perusahaan yang terdaftar untuk memenuhi kewajiban mengungkapkan informasi secara tepat waktu dan sah untuk mengetahui kualitas perusahaan tersebut.


Reporter: Ferrika Sari
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan


Close [X]
×