kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Tesla berhasil catatkan rekor penjualan di kuartal kedua


Kamis, 04 Juli 2019 / 20:28 WIB
Tesla berhasil catatkan rekor penjualan di kuartal kedua


Sumber: Reuters | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - NEW YORK. Tesla Inc (TSLA.O) mencatatkan rekor penjualan mobil listrik pada Kuartal II 2019. Sang Chief Executive Officer (CEO) Ellon Musk berhasil menepati janjinya melambungkan penjualan dan menepis kekhawatiran akan permintaan sedan dan SUV.

Baru-baru ini, analis dan investor Wall Street telah meningkatkan keraguan tentang permintaan dan kemampuan pembuat mobil Silicon Valley untuk memilah masalah pengiriman, terutama setelah pengiriman kuartal pertama perusahaan ini merosot 31%.

Melansir Reuters, Kamis (4/1), Tesla berhasil mengirimkan mengirimkan secara total 95.200 kendaraan selama kuartal kedua. Capaian tersebut mengalahkan estimasi rata-rata analis yang hanya memperkirakan pengiriman sekitar 89.084.

Catatan pengiriman menunjukkan bahwa masih ada permintaan yang kuat untuk Model 3 yang menyumbang 81% dari pengiriman kuartal kedua. Tesla melakukan pengiriman untuk model 3 sebanyak 77.550 unit, lebih tinggi dari perkiraan rata-rata analis yakni 73.144 unit.

Total penjualan Tesla di triwulan kedua ini mengalami kenaikan sebesar 51% dibandingkan kuartal pertama. Di samping model 3 Sedan, perusahaan otomotif ini juga mencatatkan pengiriman sebanyak 17.650 untuk model S & X. Rekor penjualan tersebut alhasil bikin saham Tesla melejit 7% pada Selasa (3/7) di level 238,92, tertinggi dalam hampir dua bulan.

Pada kuartal pertama, penjualan Tesla tertekan karena masalah logistik di pelabuhan internasional dan penurunan pesanan AS setelah kredit pajak dikurangi setengahnya. Hal itu menimbulkan kekhawatiran bahwa permintaan untuk mobil listrik Tesla mungkin telah memuncak. Sementara Musk terus berusaha meyakinkan investor bahwa permintaan tetap tinggi untuk mobil Tesla dan pengiriman dapat dilakukan secara efisien.

Musk telah berulang kali mengatakan, Tesla dapat memberikan rekor pengiriman mobil pada kuartal kedua, mengalahkan 90.700 unit yang dikirimkan kepada pelanggan pada kuartal terakhir tahun lalu.

Secara keseluruhan, total produksi Tesla triwulan II naik 13% menjadi 87.048 kendaraan dibandingkan dengan kuartal pertama. Perusahaan mengeluarkan 72.531 Model 3 pada kuartal kedua, naik dari total 62.950 Model 3 pada kuartal sebelumnya. Tahun ini, Tesla menargetkan pengiriman sebanyak 360.000 hingga 400.000 kendaraan. Namun, analis memprediksi hal itu sulit di penuhi.

Walaupun pengiriman meningkat, namun analis Needham dan Credit Suisse masih meragukan kemampuan Tesla mencatatkan keuntungan dan mempertahankan margin yang sehat. Tesla masih menghadapi beberapa tantangan, termasuk memulai produksi di China di tengah-tengah ketegangan perdagangan AS-Cina dan merombak proses produksinya pada saat beberapa eksekutif puncaknya resign.

"Ini adalah angka yang tidak dapat disangkal kuat, tetapi mengingat sejarah Tesla terbaru tentang perubahan signifikan dalam kinerja dari kuartal ke kuartal, kami tetap berhati-hati untuk saat ini," kata analis Hargreaves Lansdown Nicholas Hyett.




TERBARU

[X]
×